Jumat 11 Nov 2016 16:58 WIB

Kebakaran Hanguskan Belasan Rumah di Jambi

Red: Yudha Manggala P Putra
Kebakaran. Ilustrasi
Foto: Antara
Kebakaran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kebakaran menghanguskan belasan rumah warga di kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Jumat (11/11) sekitar pukul 09.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran, kerugian materil ditaksir miliaran rupiah.

Rumah warga yang habis terbakar terletak di Jalan Kelurahan, RT 15 Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Api baru bisa dapat dipadamkan setelah beberapa jam tim pemadam kebakaran setempat memadamkannya.

Menurut saksi mata di lokasi kejadian kebakaran, terdata ada sebanyak sembilan unit rumah milik warga setempat yang rata dengan tanah karena habis terbakar dilalap si jago merah.

Sementara itu, setelah api bisa dikuasai dan dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran setempat.

Terlihat dalam kejadian itu, terdapat rumah lainnya yang mengalami rusak berat akibat sebagian bangunannya dilalap api.

Meluasnya kebakaran itu akibat sulitnya tim pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk bisa masuk ke lokasi kejadian. "Tim pemadam harus melewati permukiman penduduk yang sangat padat tersebut," ucapnya.

Data sementara yang dihimpun di lapangan, rumah yang terbakar diketahui milik Yuni, Ibar, Idil, Aran, Muntan, abu Angka, Arifin, Ma Ako dan Husin. Sementara rumah yang dirusak milik Minah Nduk Ube, Masrumi, Nundu dan M. Saleh, kata Lurah Tungkal II, H Harno di lokasi kejadian.

Harno mengatakan api baru dapat dipadamkan beberapa jam kemudian setelah bantuan tiga unit mobil Damkar setempat tiba dan masuk ke lokasi

Seorang korban yang rumahnya ikut tebakar, Sahran (60) menyebutkan, sebelum kebakaran membesar ada ledakan dari dapur rumah Hamidah (45) rumah sewaan milik H Abdullah yang mengeluarkan api yang kemudian menjalar kerumahnya yang kebetulan berdampingan.

Sementara itu Kapolsek Tungkal Ilir AKP La Ode Prasetyo bersama Kabag Ops Kompol Ronald B Parhusip Nainggolan di lokasi belum dapat memastikan terkait penyebab musibah kebakaran ini dan polisi belum bisa memastikan penyebabnya dan dugaan sementara tabung gas meledak.

"Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja harta benda korban kebakaran banyak yang tak terselamatkan, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement