Senin 14 Nov 2016 07:20 WIB

MTs Modern Bani Adam Boyolali Gelar Lomba Tingkat SD/MI

Red: Irwan Kelana
Para juara lomba Gebyar Muharrom MTs Modern Bani Adam Boyolali 1438 H.
Foto: Dok Bani Adam
Para juara lomba Gebyar Muharrom MTs Modern Bani Adam Boyolali 1438 H.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Dalam rangka memperingati tahun  baru Hijriah 1438 H dan Hari Sumpah Pemuda 2016, Madrasah Tsanawiyah (MTs)  Modern Bani Adam Boyolali menggelar kegiatan bertajuk “Gebyar Muharram dan HUT Sumpah Pemuda Ke-88”. Kegiatan tersebut  berupa  lomba tingkat SD/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) sekabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Acara tersebut diadakan di kompleks MTs Modern Bani Adam Boyolali, Ahad (30/10).

Lomba yang diadakan meliputi lomba bidang akademik (Matematika dan IPA), dan lomba keagamaan yaitu hapal Alquran juz 30, MTQ, pidato, serta adzan dan iqamah. “Lomba tersebut bertujuan untuk mengingatkan anak didik agar tahu tentang  hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah yang penuh perjuangan  sangat berat. Di samping itu,  mengingatkan anak didik kita agar tahu tentang  sejarah lahirnya Sumpah Pemuda,” kata Ketua Yayasan Bani Adam Boyolali Ustadz Matyoto Fahruri  dalam rilis yang diterima Republika.

Fahruri menambahkan, kegiatan tersebut juga bertujuan agar siswa  bisa mencontoh perjuangan Nabi Muhammad ketika berangkat hijrah yang penuh tantangan. Sampai-sampai  Rasulullah SAW dan sahabatnya Abu Bakar, harus menyelamatkan diri dengan masuk Gua Tsur. “Tujuan ketiga, agar anak didik kita bisa hafal nama nama bulan Hiriyah yang dimulai  dari bulan Muharram sampai bulan Dzulhijjah,” tutur Fahruri.

Tujuan keempat, ujar Fahruri, agar para siswa  bisa berkreasi dan mengaktualisasikan  diri dan didiplin diri. “Di samping itu juga agar anak didik kita bisa berinteraksi  sosial dengan sesama,” paparnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala  MTs Modern Bani Adam Drs H  Komarudin, Kepala MI Modern Bani Adam, Kepala Raudhatul Atfal (RA)  Bani Adam 1dan 2, para guru  Bani Adam, serta kepala sekolah, guru dan pendamping dari sekolah-sekolah peserta lomba tersebut. “Peserta lomba  berjumlah  277 siswa. Para  juara lomba  mendapatkan tali asih berupa uang pembinaan, piala dan piagam,” ujar Matyoto Fahruri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement