Selasa 15 Nov 2016 14:36 WIB

Integrasi Kawasan Kunci Ekonomi ASEAN Terus Stabil

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nidia Zuraya
Masyarakat Ekonomi ASEAN
Foto: blogspot.com
Masyarakat Ekonomi ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyebut pelemahan ekonomi global tidak berpengaruh pada kondisi ekonomi negara-negara anggota ASEAN. Menurutnya perekonomian negara-negara ASEAN tetap stabil meski dunia sedang diterpa ketidakpastian.

"ASEAN tetap tangguh dan menunjukkan pertumbuhan yang tetap positif," katanya dalam forum pertemuan ke-11, ASEAN Finance Ministers Investors Seminar (AFMIS) 2016, di Jakarta, Selasa (15/11).

Ia menerangkan ketidakpastian ekonomi global ditenggarai beberapa hal, di antaranya. kebijakan normalisasi perekonomian Amerika, perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina. Namun hal tersebut tidak membuat ekonomi negara-negara ASEAN melemah.

"Integrasi kawasan faktor penting mempertahankan tren pertumbuhan positif tersebut," ujar Mardiasmo.

Wakil Sekjen ASEAN, Lim Hong Hin mengatakan forum AFMIS bisa menjadi media promosi investasi negara-negara ASEAN. Menurutnya sangat penting terjadi interaksi langsung antara para pemangku kepentingan dan investor. Sehingga memperkuat stabilitas ekonomi negara-negara tersebut.

"Di tengah perlambatan ekonomi global, stabilitas ASEAN tetap terjaga. Ini menujukkan ASEAN kutub penting dengan prospek ekonomi ke depan yang lebih baik," ujar Lim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement