Ahad 20 Nov 2016 14:26 WIB

Sejuta Pesona Wajah Seoul

Rep: christiyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Warga melintas di trotoar saat musim gugur di Kota Seoul.
Foto: Pemerintah Kota Seoul
Warga melintas di trotoar saat musim gugur di Kota Seoul.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Seoul telah menjadi ibukota Korea Selatan selama lebih dari 600 tahun sejak kedudukan Dinasti Joseon dalam kurun 1392 hingga 1910. Wilayah yang tengah dipimpin Wali Kota Park Won Soon itu dulunya lebih dikenal dengan sebutan “Hanyang” saat zaman Dinasti Joseon. Kini, Seoul telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata dunia paling diburu.

Data MasterCard Global Destination Index menunjukkan pada 2015 Seoul berada di peringkat 9 kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Posisi ini mengalahkan primadona lain seperti Barcelona dan Milan yang masing-masing bertengger di peringkat 12 dan 15. Seoul berhasil mencatatkan 10,35 juta kunjungan wisatawan sepanjang 2015. Jumlah pengunjung dari mancanegara terus meningkat semenjak Piala Dunia Korea-Jepang pada 2002.

Hallyu alias gelombang budaya Korea sejak akhir 1990-an ikut melejitkan Korea Selatan di mata dunia. Hallyu dibawa melalui perantara musik, film, dan serial televisi. Pesona Seoul dibawa ke hadapan penonton sebagai latar berbagai tayangan hiburan.

Tak ayal keindahannya menyita perhatian masyarakat dunia. Dalam rangka mengelola kota agar menjadi satu kesatuan, pemerintah setempat mencanangkan I.SEOUL.U untuk  meningkatkan daya saing Seoul dan mendukung pembangunan yang terus berlanjut.