REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno - Hatta membuat 17 wifi corner untuk mengoptimalkan pelayanan internet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Setelah sebelumnya di Terminal 3 difasilitasi oleh internet dengan kecepatan 50 Mbps, kini di Terminal 1 dan 2 akan ditambah 9 titik wifi.id dengan koneksi internet cepat hingga 100 Mbps.
Area kargo dan perkantoran pun dapat menikmati enam titik fasilitas internet wifi.id, bahkan area community center, tepatnya di gedung serba guna yang disediakan PT Angkasa Pura II bagi masyarakat sekitar, juga dapat menggunakan layanan internet tersebut.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, Angkasa Pura II bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi wifi berkecepatan tinggi ini. Menurutnya, banyak pengguna jasa yang membutuhkan koneksi internet untuk menghubungi sanak saudara ketika sampai di bandara. Dengan gadget yang terkoneksi WiFi berkecepatan 100 Mbps, kata dia, dapat menambah rasa nyaman penumpang ketika berkunjung ke bandara, termasuk untuk mengisi waktu tunggu.
"Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini, setelah mendapat access point @wifi.id pengguna jasa bandara di Terminal 1, 2, maupun 3 dapat melakukan registrasi menggunakan telepon genggam atau gadget masing-masing melalui sms ke 98108 dengan cara ketik net (spasi) 5000 atau membeli voucher dengan harga Rp 5.000,- setelah itu, maka pengguna jasa bandar dapat menikmati layanan internet cepat selama 6 jam tanpa batasan kuota (unlimited)." ujar Awaludin melalui siaran persnya, Rabu (23/11).
Ke depannya kawasan Bandara Soekarno-Hatta akan meningkatkan kualitas internetnya dan dibuat terintegrasi secara menyeluruh dan digitalisasi di setiap bisnis. "Kita akan sebut kawasan Bandara Soekarno-Hatta nantinya menjadi Soekarno-Hatta Digital Aeroplex", ujar Awaluddin.
Dalam waktu dekat, Angkasa Pura II juga akan meluncurkan Smartapps yang diberi nama Indonesia Airports. Di dalam aplikasi tersebut, ada banyak fitur yang dapat memudahkan para pengguna jasa bandara, yaitu dapat digunakan untuk mengambil antrean taksi, memberikan notifikasi status penerbangan yang akan digunakan, tracking posisi pesawat yang sedang ditunggu, tracking shuttle bus, cek keberadaan mobil penjemput, dan fitur lain yang masih dalam tahap pengembangan.