Kamis 24 Nov 2016 18:04 WIB

Blogger se-Indonesia Kunjungi Sentra Batik Tulis Klampar

Red: Yudha Manggala P Putra
Batik tulis/ilustrasi
Foto: Edy Yusuf/Republika
Batik tulis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Sekitar 50 orang blogger dari sejumlah daerah di Indonesia mengunjungi sentra batik tulis di Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (24/11). Kunjungan mereka guna mempublikasikan potensi lokal di wilayah itu melalui media blog.

"Mereka sengaja itu didatangkan oleh Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) untuk menulis potensi wisata dan budaya yang ada di Madura ini dan di Pamekasan mengekplorasi potensi batik tulis yang ada di Desa Klampar itu," kata Sekretaris Asosiasi Batik Tulis dan Bordir Pamekasan Ahmadi di Pamekasan, Kamis (24/11) sore.

Ahmadi menjelaskan sebelum ke Pamekasan, para blogger yang berjumlah 50 orang itu terlebih dahulu mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sumenep seperti Giliyang. "Ada satu bus dan beberapa mobil rombongan blogger yang datang ke Desa Klampar, Kecamatan Proppo tadi, serta sejumlah pejabat BPWS yang mendampingi mereka," tutur Ahmadi.

Di Klampar, para blogger memotret aktivis para pembatik, mulai dari awal hingga pengeringan. "Desa Klampar dipilih menjadi tujuan kunjungan para blogger, karena memang merupakan tempat kerajinan batik tulis terbanyak di Pamekasan ini," tutur Ahmadi.