Jumat 25 Nov 2016 19:46 WIB

CI: Owa Jawa Terancam Punah

Red: Yudha Manggala P Putra
Pengunjung memotret satwa Owa Jawa salah satu koleksi  di Kebun Binatang Bandung, Ahad (27/12).   (Republika/Septianjar Muharam)
Pengunjung memotret satwa Owa Jawa salah satu koleksi di Kebun Binatang Bandung, Ahad (27/12). (Republika/Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Conservation International (CI) Indonesia menyatakan Owa Jawa terancam punah karena jumlah populasinya di hutan kurang lebih tinggal 5.000 ekor akibat perdagangan ilegal sebagai hewan peliharaan.

Owa Jawa atau "hylobates moloch" hidup di wilayah barat Pulau Jawa terutama di hutan-hutan di wilayah Banten, Jawa Barat hingga Pegunungan Dieng Jawa Tengah.

West Java Program Manager CI Indonesia, Anton Ario dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (25/11) mengatakan memburu satu anak atau bayi Owa Jawa untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan, sama halnya dengan membunuh satu keluarga Owa Jawa.

"Untuk memburu bayi Owa Jawa, pemburu akan membunuh induk tersebut. Sedangkan ayah Owa Jawa yang kehilangan anak dan pasangannya, umumnya akan depresi dan kemudian mati," katanya.