Senin 28 Nov 2016 21:56 WIB

Longsor di Jalur Trenggalek-Ponorogo Mulai Dibersihkan

Red: Yudha Manggala P Putra
Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Perbaikan jalan longsor. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Pemkab Trenggalek dan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional mulai membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan raya Trenggalek-Ponorogo Km-16 sejak Ahad (27/11) siang menggunakan tiga alat berat jenis eksavator dan dozer.

"Hari ini mulai dibersihkan dan semoga jalur Trenggalek-Ponorogo bisa secepatnya normal kembali," kata Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto di Trenggalek, Senin (28/11).

Ia mengatakan, sedianya normalisasi dilakukan sejak Ahad sore, namun ditunda karena terkendala cuaca yang kembali mengguyur wilayah tersebut. Menurut Bambang, proses pembersihan material longsor diperkirakan memakan waktu sekitar tiga hari dengan asumsi cuaca cerah.

Hal itu disebabkan banyaknya material batu bercampur tanah liat yang menumpuk di dua titik ruas jalur Trenggalek-Ponorogo, Km-16 dan Km-18. "Untuk mempercepat proses normalisasi kami kerahkan tiga unit alat berat, dua unit di operasionalkan di sisi barat (arah Ponorogo) dan satu alat jenis eksavator ditempatkan di sisi timur (arah Trenggalek)," kata Bambang.