Rabu 30 Nov 2016 12:28 WIB

Polisi Berserban akan Dikerahkan Kembali pada Aksi 212

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Polisi dengan atribut khusus, memakai serban dan berpeci mengawal demo ormas Islam
Foto: Muhyiddin/Republika
Polisi dengan atribut khusus, memakai serban dan berpeci mengawal demo ormas Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Kepolisian Polda Metro Jaya Brigjen Suntana mengatakan, pihaknya berencana menyiapkan pasukan yang mengenakan serban dan kopiah berwarna putih pada aksi 2 Desember mendatang. Namun, menurut Suntana, semua itu nantinya akan disesuaikan dengan agenda dari Gerakan Nasional Pendukung Fatwa - MUI tersebut.

"Nanti akan kita lihat rundown-nya. Kalau memang nanti diperlukan (pasukan bersurban, Red), bisa masuk ke rundown mereka," ujar Suntana di Polda Metro Jaya, Rabu (30/11).

Pada demo sebelumnya, pasukan berserban dari Brimob Nusantara tersebut juga pernah disiapkan untuk mengamankan aksi demonstrasi pada 4 November lalu. Hal itu dilakukan untuk mencegah massa yang melakukan aksi anarkis dengan membacakan asmaul husna atau nama-nama Allah.

Pada Aksi Bela Islam III, kali ini mereka juga akan turut bergabung dengan massa aksi untuk membaca doa dan berdzikir. "Nanti, coba akan kita tampilkan yang berserban, yang bisa mengucapkan asmaul husna dengan khusyuk," kata Suntana.

Sebelumnya, aksi tersebut akan digelar di Jalan MH Thamrin sampai Jalan Sudirman. Namun, berdasarkan kesepakatan GNPF-MUI dan Polri, Aksi Bela Islam III kini akan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pujul 13.00 WIB.

Aksi 2 Desember tersebut tetap mengangkat isu penahanan terhadap Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Ahok. Walaupun, dalam aksi tersebut tidak ada aksi longmarch maupun orasi seperti demo-demo sebelumnya. Mereka hanya akan mendengatkan tausyiah, berdoa, dan berdzikir untuk keselamatan bangsa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement