Sabtu 03 Dec 2016 15:01 WIB

Pengamat: Aksi 412 untuk Mengangkat Elektabilitas Pemerintah

Rep: Ali Mansur/ Red: Nidia Zuraya
Umat muslim mengikuti aksi damai di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Umat muslim mengikuti aksi damai di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah umat Muslim sukses menggalang aksi super damai 212 pada Jumat (2/12) kemarin, kini muncul gerakan serupa. Aksi serupa akan digelar pada acara Car Free day di Jakarta pada Ahad (4/12) besok.

Aksi yang bertema "Kita Indonesia" tersebut dinilai pengamat komunikasi politik dari Universitas Brawijaya, Anang Sudjoko, diadakan untuk mengangkat elektabilitas pemerintah yang sekarang sedang menurun.

Demi memeriahkan acara tersebut, selebaran imbauan untuk mengikuti aksi 412 beredar di kalangan wartawan dan sosial media sejak Sabtu (3/12) pagi. Bahkan imbauan juga dilayangkan oleh lembaga setingkat kementerian. Tidak ketinggalan, hal sama juga dilakukan partai politik pendukung pemerintah, seperti Partai Nasdem, Golkar, PDIP, PPP, PKB, dan PAN. 

“Ini bisa dikatakan sebagai upaya-upaya untuk menandingi aksi-aksi yang selama ini digelar dengan dasar menuntut keadilan. Ini seolah-olah membuat legitimasi dalam rangka mengangkat elektabilitas pemerintah yang sekarang cenderung turun,” jelas Anang kepada Republika, Sabtu (3/12).