Selasa 06 Dec 2016 18:59 WIB

Ini Nasihat Ceu Popong untuk Emil

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Ceu Popong
Foto: anekainfounik
Ceu Popong

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Anggota DPR RI Popong Otje Djunjunan bertamu ke Pendopo, rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Jalan Dalemkaum, Selasa (6/12). Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, mengajak tokoh Jabar itu berbincang santai sambil duduk di kursi kayu di halaman samping Pendopo Kota Bandung.

Suara gemercik air kolam ikan, menemani pertemuan mereka. Keduanya, terlihat sangat akrab berbincang ditemani makanan jajanan pasar dan teh hangat.

Menurut wanita yang akrab disapa Ceu Popong, dirinya datang ke rumah dinas Emil sebagai orang tua. Dalam perbincangan tersebut, Ceu Popong banyak menasehati Emil untuk tetap dalam koridor yang benar.

"Kata Ceu Popong teh namanya saja Wali Kota. Wali itu kan mewakili semua rakyatnya. Modal pertama adalah dedeuh ka rakyat (sayang sama rakyat)," ujar Ceu Popong, Selasa (6/12).

 

Kemudian, kata Ceu Popong, kalau sudah dedeuh (sayang) sama rakyat, apa pun dilakukan untuk kepentingan nudipikadedeuh (yang disayangi). Istri mantan Wali Kota Bandung Otje Djundjunan itu juga berpesan kepada Emil agar pintar mengendalikan emosi. Modal utamanya, dengan siapa pun, dalam kondisi apapun, pemimpin harus punya pengendalian emosi.

"Kalau orang tidak bisa mengendalikan emosi, otak tidak akan jalan," pesan Ceu Popong sambil menepuk bahu Emil.

Ceu Popong pun, menasehati Emil agar memperkuat niat agar tak tergelincir kasus korupsi. Karena, banyak kasus korupsi yang terjadi akibat ada niat dan kesempatan.

Emil mengaku, senang didatangi Ceu Popong yang sudah seperti orang tua sendiri. Ia pun senang banyak memiliki orang tua, yang selalu menasehati. "Alhamdulillah, saya didatangi seorang ibu yang selalu menasehati saya. Alhamdulillah beunghar ku kanyaah. Selain ibu kandung, ibu mertua, juga Ceu Popong yang masih saudara jauh dengan saya karena perkawinan," katanya.

Usai berbincang-bincang, di akhir wawancara, Emil mengajak serta Ceu Popong untuk ikut membuat video Manequine Challenge

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement