Ahad 18 Dec 2016 09:49 WIB

Tidak Ada Korban WNI dalam Serangan Bom Kayseri

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Peti jenazah berisi korban serangan bom mobil di Kayseri, Turki. Bom terjadi pada Sabtu (17/12).
Foto: AP
Peti jenazah berisi korban serangan bom mobil di Kayseri, Turki. Bom terjadi pada Sabtu (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Serangan bom terhadap sebuah bus umum terjadi di depan pintu masuk Erciyes University, Kayseri, sekitar 300 kilometer dari ibu Kota Ankara, Turki. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (17/12) sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, sejauh ini diperkirakan sekurangnya terdapat 13 korban meninggal dunia dan 48 lainnya luka-luka. "Hingga saat ini tidak diperoleh informasi mengenai adanya WNI yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Seluruh WNI yang menempuh pendidikan di universitas tersebut juga dilaporkan dalam keadaan selamat," tulis pernyataan tersebut, Ahad (18/12).

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, terdapat sekitar 2.700 WNI yang tinggal di Turki. Di Keyseri sendiri terdapat 50 mahasiswa atau pelajar Indonesia.

KBRI Ankara mengimbau kembali WNI di Turki untuk menghindari tempat-tempat keramaian jika tidak terdapat keperluan mendesak. KBRI Ankara dan KJRI Istanbul akan terus berkomunikasi dengan otoritas setempat, para konsul kehormatan dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di seluruh Turki guna memantau kondisi keamanan di Turki serta keselamatan seluruh WNI.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيْرًا مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِۖ لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اٰذَانٌ لَّا يَسْمَعُوْنَ بِهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ كَالْاَنْعَامِ بَلْ هُمْ اَضَلُّ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْغٰفِلُوْنَ
Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.

(QS. Al-A'raf ayat 179)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement