Kamis 22 Dec 2016 15:09 WIB

Menag Serahkan Bantuan Rp 4,8 M kepada Korban Gempa Pidie

Red: Agus Yulianto
 Bangunan masjid yang ambruk akibat gempa di Pidie Jaya.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bangunan masjid yang ambruk akibat gempa di Pidie Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, PIDIE -- Gempa 6,5 Skala Richter yang mengguncang Aceh pada Rabu (07/12) lalu menyebabkan sejumlah bangunan rumah, rumah ibadah, serta madrasah dan lembaga pendidikan Islam rusak, mulai dari rusak total sampai rusak sedang dan ringan. Kodisi ini pun mengundak kepedulian Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Bahkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun melakukan peninjauan ke lokasi bencana. Selain untuk melihat langsung kondisi di sana dan keadaan para korban bencana, Menag juga menyerahkan bantuan sebesar Rp 4,8 milar.

Tiba di Pidie Jaya, Kamis (22/12) siang, Menag langsung meninjau lokasi bencana untuk melihat langsung proses pembangunan rumah tumbuh (rutum) dan berdialog dengan warga. Kepada mereka, Menag berpesan agar selalu optimis dalam menghadapi gempa. "Selalu ada sisi kebaikan di balik bencana. Terkadang Allah menciptakan kepedihan dan penderitaan. Tetapi yakinlah bahwa pada saat yang sama Allah memberikan kesenangan dan kegembiraan. Dia menciptakan sesuatu berpasang-pasangan," ujarnya.

Berikut ini data bantuan yang diberikan Menag kepada korban gempa Pidie Jaya: