Sabtu 24 Dec 2016 19:40 WIB

Potensi Ekonomi Umat Besar

Red: Agung Sasongko
Pemilik Jaringan Toserba Fajar Group, Yogi Tyandaru
Foto: ROL/Agung Sasongko
Pemilik Jaringan Toserba Fajar Group, Yogi Tyandaru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Pengusaha retail yang juga membidik pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah Fajar Grup Toserba. Menurut pemilik Jaringan Fajar Toserba, Yogi Tyandaru, pengembangan wilayah yang ada jangan hanya terdapat di pusat-pusat kota. Namun, justru membuka tempat-tempat baru.

Dengan strategi blue ocean, Yogi menjelaskan, strategi itu disebut juga bersaing tanpa pesaing, yaitu membuka tempat baru yang cenderung lebih sepi dan jauh dari pusat ekonomi."Jadi, Alhamdulillah, di mana ada Fajar Grup, setidaknya mungkin menjadi pusat perkembangan ekonomi di kecamatan tersebut," kata Yogi kepada Republika.

Yogi pun memberi contoh, Fajar Grup membangun outlet terakhir di Majalengka, Jawa Barat. Jarak dari pasar ke titik pembangunan toko tersebut sekitar enam kilometer. Alhasil, warga sekitar dapat berbelanja di toko tersebut. Namun, bukan berarti Fajar Grup tidak memberdayakan masyarakat sekitar.

Yogi menuturkan, pemuda-pemuda dari lingkungan sekitar ada yang direkrut atau diberi pelatihan oleh Fajar Grup, termasuk pelatihan wirausaha.Terkait persaingan dengan retail-retail besar, kata dia, pihaknya tetap positif dalam menilai persaingan tersebut. Secara pribadi, Yogi tetap menjaga hubungan baik dengan para pesaing-pesaing tersebut.