Sabtu 24 Dec 2016 21:22 WIB

Ini Daftar Klub Terbaik Eropa di Mata Blogger

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya bersama rekan setim pada laga La Liga lawan Atletico Madrid di Vicente Calderon, Ahad (20/11) dini hari WIB. Madrid unggul 1-0 pada babak pertama.
Foto: EPA/Emilio Naranjo
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan golnya bersama rekan setim pada laga La Liga lawan Atletico Madrid di Vicente Calderon, Ahad (20/11) dini hari WIB. Madrid unggul 1-0 pada babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian liga di Eropa sedang libur musim dingin. Sebelum kompetisi kembali bergulir pasca liburan, blogger mencoba memberikan penilaian terhada penampilan klub besar Eropa sejauh ini. Blogger memberikan nilai A+ yang berarti terbaik dan F berarti gagal.

Dilansir ESPN pada Sabtu (24/12), penampilan Real Madrid dinilai berhasil sejauh ini. Di bawah asuhan Zinedine Zidane, Madrid menduduki puncak klasemen sementara La Liga Spanyol.

Los Blancos, julukan bagi Real Madrid, unggul tiga poin dari Barcelona yang ada di urutan kedua. Namun, Madrid masih memiliki satu tabungan pertandingan.

Kemudian Barcelona telah memenangkan dua gelar liga terakhirnya bersama pelatih Luis Enrique. Namun, musim ini mereka harus berjuang lebih keras untuk bisa menyaingi keperkasaan Real Madrid.

Penampilan Atletico Madrid di liga domestik memang masih kalah dari Real Madrid dan Barcelona. Namun, cerita berbeda ketiga berbicara di kancah Eropa. Karena itu blogger menilai penampilan mereka di Liga Champions dinilai sangat luar biasa.

Blogger juga memberikan penilaian kepada klub asal Bundesliga, Bayern Muenchen. Meski sempat terganggu dengan Leipzig yang sempat memuncaki klasemen sementara Bundesliga, namun perlahan Bayern kembali ke jalur kemenangan.

Perubahan formasi yang dilakukan Carlo Ancelotti baru-baru ini memberikan manfaat yang besar. Bayern kembali memuncaki klasemen dengan 39 poin, sementara Leipzig bergeser ke peringkat kedua dengan 36 poin.

Borussia Dortmund tak luput dari penilaian blogger. Dortmund cukup berhasil mengatasi rintangan di Liga Champions sejauh ini. Meskipun di liga domestik cukup berat untuk bersaing meraih gelar juara musim ini.

Selanjutnya Juventus dinilai cukup baik di Liga Champions maupun di Serie A Italia. Mereka berhasil lolos dari penyisihan grup Liga Champions dan saat ini duduk sebagai pemuncak klasemen sementara Serie A Italia.

Berada di posis kedua klasemen sementara Serie A Italia, blogger menilai penampilan AS Roma layak mendapatkan apresiasi. Posisinya yang didapatkan saat ini di klasemen sangat layak. Apalagi pelatih Roma, Luciano Spaletti, harus berpikir keras dengan banyak cedera yang dialami pemainnya.

Setelah beberapa tahun AC Milan tampil dengan biasa saja. Namun, pelatih Vincenzo Montella sejauh ini mampu membangkitkan roh Milan yang hilang sebagai salah satu klub top Eropa.

Inter Milan juga tak luput dari perhatian para blogger. Il Nerazzuri sedang berusaha bersaing dengan klub besar lainnya di Serie A Italia. Pelatih Stefano Pioli ditargetkan untuk membawa Inter finis di posisi tiga klasemen akhir. Hal itu guna mengamankan tiket bermain di pentas Eropa.

Memasuki libur musim dingin, penampilan PSG dalam kondisi buruk. Namun, jelang akhir 2016 PSG kembali menemukan kegarangannya dengan meraih kemenangan 5-0 melawan Lorient. Kemenangan tersebut dinilai akan meningkatkan kepercayaan diri bagi anak asuh Unai Emery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement