Selasa 27 Dec 2016 19:34 WIB

PMI Sukabumi Antisipasi Penurunan Stok Labu Darah di Awal Tahun

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas merapikan stok labu darah dari pendonor di kantor PMI
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas merapikan stok labu darah dari pendonor di kantor PMI

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengantisipasi berkurangnya stok labu darah di awal tahun mendatang. Caranya dengan menggiatkan donor darah massal pada akhir tahun.

Humas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi Agus Sutisna mengatakan, saat ini stok labu darah masih cukup tersedia. "Awalnya ada sebanyak 800 labu darah, namun kini berkurang menjadi 600 labu," ujar dia kepada Republika.co.id Selasa (27/12).

Stok labu darah tersebut lanjut Agus masih mencukupi hingga pertengahan Januari atau tepatnya 10 Januari 2017 mendatang. Labu darah yang tersedia itu semua golongan darah mulai A, B, O, dan AB. Namun Agus mengkhawatikan stok labu darah di awal tahun nanti mengalami kekurangan atau penurunan. Pasalnya, di awal tahun nanti kegiatan donor darah yang terdaftar baru sedikit.

Oleh karena itu, Agus mengatakan di akhir tahun ini PMI menggiatkan donor darah massal untuk menambah stok labu darah. Misalnya pada Rabu (28/12) nanti digelar donor darah massal di dua titik berbeda salah satunya di kantor Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi.