Rabu 28 Dec 2016 00:33 WIB

Kapal Perang Cina Latihan di Laut Cina Selatan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Kapal perang AS di Laut Cina Selatan
Foto: Aljazeera
Kapal perang AS di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sejumlah kapal perang Cina memasuki Laut Cina Selatan setelah melewati Taiwan pada Senin (26/12). Kapal-kapal itu dibawa oleh kapal induk Liaoning milik Pasukan Angkatan Laut militer Cina People's Liberation Army.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan konvoi tersebut melewati Prata Island yang merupakan teritorial Taiwan. Kapal juga sebelumnya melewati titik kanal Bashi yang terletak antara Taiwan dan Filipina.

Juru bicara kementerian, Chen Chung-chi menolak mengonfirmasi Taiwan mengerahkan jet tempur atau kapal selamnya. Namun ia mengatakan Taiwan tetap waspada dan fleksibel jika harus melakukan metode mempertahankan keamanan.

Menurutnya, kementerian Taiwan terus memantau situasi. Cina menyebut momen tersebut sebagai latihan rutin. Juru bicara Kementerian luar negeri Cina, Hua Chunying mengatakan tindakan mereka berdasar pada hukum. Termasuk dalam menggunakan kapal induk Liaoning buatan Soviet tersebut.

"Liaoning kami harus merasakan juga kebebasan navigasi dan berada di wilayah internasional, kami harap semua pihak menghargainya," kata Hua merujuk operasi AS soal kebebasan navigasi di LCS.

Tabloit Global Times mengatakan latihan kemarin menunjukkan peningkatan kemampuan Liaoning. Kapal saat ini bisa berlayar lebih jauh lagi. "Kapal Cina akan berlayar ke Pasifik timur nanti," katanya editorial Global Times.

Liaoning diklasifikasikan sebagai kapal latihan. Sebelumnya Cina sering menggunakannya, termasuk dalam latihan di LCS. Namun latihan Cina masih jauh dari latihan yang dilakukan oleh AS dengan kapal induknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement