Ahad 01 Jan 2017 15:24 WIB

Ini Cara Mendaftar Jadi Member Dompet Dhuafa

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Program Respons Darurat Kesehatan LKC Dompet Dhuafa.
Foto: LKC Dompet Dhuafa
Program Respons Darurat Kesehatan LKC Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awalnya, RST Dompet Dhuafa hanya melayani dhuafa dengan sistem member yang berlaku dua tahun. Member ini biasanya warga miskin yang tidak punya KK, KTP, atau dokumen kewarganegaraan lain. Masuk ke era BPJS, member lalu diikutkan BPJS dengan biaya pengurusan dari Dompet Dhuafa.

Untuk menjadi member RST Dompet Dhuafa, kata Direktur Umum dan Keuangan RST Dompet Dhuafa Siti Rusmiati, ada seleksi untuk memastikan dana zakat yang digunakan tepat sasaran sesuai asnaf. Tapi bila calon member tidak punya KTP sehingga susah membuat SKTM, rekomendasi dari pengurus masjid atau komunitasnya pun bisa diterima.

"Nanti tim kami akan mensurvei untuk menentukan tingkat kedhuafaan calon member. Pertimbangan yang dilakukan juga mendalam dengan mempertimbangkan anek faktor secara komprehensif," ungkap Rusmiati.

Format pendaftaran member tersebut bila kondisi normal. Bila darurat, setiap orang yang datang ke RST Dompet Dhuafa pasti dilayani tanpa melihat status dhuafa atau bukan. Karena rumah sakit terikat pada misi kemanusiaan.

RST memiliki tim advokasi dimana saat dhuafa datang dalam kondisi darurat dan butuh jadi member, tim advokasi akan bergerak cepat. Mereka mendampingi termasuk bila pasien darurat tersebut belum menjadi peserta BPJS. Tentu, tim ini butuh kerja sama yang baik dari keluarga pasien.

Pun untuk pemegang BPJS yang tetap bisa datang untuk berobat ke RST Dompet Dhuafa. Bila RST menerima pendapatan dari pasien umum melalui BPJS, semua itu akan dikembalikan ke penerima manfaat. Sehingga penggunaan dana zakat bisa berkurang dan bisa diberdayakan untuk masyarakat dhuafa di tempat melalui kegiatan lain.

Nama Rumah Sehat sendiri dipakai karena Dompet Dhuafa ingin memberi sugesti kepada masyarakat dhuafa bahwa rumah sakit tidak menakutkan. Sebab dhuafa bisanya pusing bila harus berobat ke rumah sakit, apalagi bila menyangkut soal biaya. RST Dompet Dhuafa yang dibangun 2009 dan mulai operasi pada 2012 memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi kaum dhuafa dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, professional dan sentuhan hati.

Berdiri di atas lahan seluas 7.803 meter persegi, di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, RST Dompet Dhuafa melayani kaum dhuafa secara gratis dan juga pasien umum BPJS yang selama ini sulit mendapatkan akses kesehatan secara memadai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement