Senin 02 Jan 2017 17:29 WIB

Jabar Anggarkan Rp 40 Miliar Bangun Rumah Siber

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Smart city (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Smart city (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan membangun Command Center yang akan menjadi layaknya rumah siber bagi Jawa Barat dalam hal pelayanan publik dan manajemen pemerintahan. Hal ini sebagai bagian mendukung Jawa Barat dalam mengembangkan sistem Smart City.

"Insya Allah kita akan bikin command center for cyber province. Jadi ada rumah besarnya tahun ini. Dengan anggaran APBD 2017 sebesar Rp 40 miliar," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Senin (2/1).

Gubernur menuturkan Command Center menjadi kebutuhan di tengah perkembangan zaman yang mengarah pada digitalisasi. Pelayanan publik tidak lagi berbasis konvensional. Command Center dikatakannya akan berisikan pengelolaan ratusan hingga ribuan fitur yang berhubungan dengan layanan publik. Yang selama ini terpecah-pecah di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

"Di Bappeda ada LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) online atau e-planing . Di biro keuangan ada e-budgeting. Di Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian ada elektronik terkait harga komoditas di pasaran. Di kesehatan ada layanan  rumah sakit rujukan berbasis elektronik. Kemudian ada LPSE. Kan berserakan tuh masing-masing OPD punya, nanti akan disatukan, dikonsolidasikan," tuturnya.