Jumat 06 Jan 2017 17:06 WIB

Survei Sebut Elektabilitas Pejawat di Gorontalo Unggul

Red: Muhammad Hafil
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.
Foto: Antara
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

REPUBLIKA.CO.ID,  GORONTALO –  Lembaga survei Celebes Research Centre (CRC) menyebut pasangan calon  gubernur-wakil gubernur Gorontalo, Rusli Habibie-Idris Rahim, berpeluang memenangkan Pilkada Serentak 2017 di Gorontalo pada Februari mendatang. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan elektabilitas calon pada 15-23 Desember 2016 lalu.

Melalui siaran persnya yang diterima Republika.co.id,  hasil survei menyebut dalam simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Rusli-Idris (NKRI)  mencapai 67,7 persen, meninggalkan jauh pasangan Hana Hasanah –Tony Junus  (HATI) sebesar 11,5 persen dan pasangan Zainudin Hasan – Adhan Dambea (Zihad)  sebesar 9,1 persen dan yang belum menentukan sikap (swing voter) tinggal 11,7 persen .

Survei ini mengambil sample 800 responden yang tersebar proporsional di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo. Survey ini memakai metode penarikan sampel multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 3.5% pada selang kepercayaan 95%.

CRC adalah lembaga riset independen, berdomisili di Makasar dan Jakarta. Berpengalaman melakukan ratusan survei pilkada dan quickcount di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.