Kamis 12 Jan 2017 09:05 WIB

Terkait Urbanisasi, Agus: Itu adalah Realitas

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono.
Foto: Antara
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono menyebutkan, perpindahan penduduk dari desa menuju ibu kota merupakan sebuah realitas yang sulit dihindari. Bahkan menurutnya, kenyataan seperti itu juga terjadi di kota-kota maju yang ada di Jakarta.

"Memang (urbanisasi) itu adalah realitas. Saya yakin itu juga terjadi di kota-kota besar, kota-kota maju di dunia yang memiliki daya tarik karena dianggap memberikan peluang-peluang kehidupan atau pekerjaan yang lebih baik untuk masyarakat," kata Agus di Cawang, Jakarta Timur, Rabu (11/1).

Namun begitu, Agus berjanji akan mengutamanakan warga Jakarta yang sudah tingal sejak lama. Sehingga, mereka bisa memiliki standar hidup yang layak dan terhindar dari kehidupan yang sulit.

"Bagi saya yang jelas, warga Jakarta yang sudah ada saat ini, itu lah yang mendapat prioritas terlebih dahulu. Mereka harus benar-benar memiliki standar kehidupan yang layak. Jangan sampai di kota yang megah ini tapi masih banyak masyarakat yang hidupnya masih sulit," ucap Agus.

Agus melanjutkan, banyaknya warga daerah yang mencoba mencari peruntungan ke Jakarta tidak dapat dicegah. Sebab, menurutnya itu meeupakan hak setiap warga negara Indonesia untuk mendatangi ibu kota dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

"Kalau pun ada kaum pendatang yang melakukan urbanisasi, tidak dapat di cegah. Karena mereka mempunyai hak yang sama sebagai warga negara Indonesia untuk mendatangi ibu kotanya dan memiliki penghidupan yang baik di Jakarta," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement