Kamis 19 Jan 2017 19:23 WIB

Kapolri: Investigasi Kebakaran Pasar Senen Setelah Api Padam

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar bangunan Blok I dan Blok II yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar bangunan Blok I dan Blok II yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan kepolisian akan mulai melakukan penyelidikan atau investigasi penyebab terjadinya kebakaran di Pasar Senen, Jakarta. Investigasi akan dilakukan setelah api kebakaran telah dinyatakan padam secara keseluruhan.

Saat ini, penanganan kebakaran Pasar Senen masih dalam tahap evakuasi dan juga mitigasi. "Sekarang ini tahap evakuasi dan mitigasi, selesai itu baru investigasi. Investigasi setelah selesai semua api total dinyatakan padam, baru kita besoklah laksanakan, memulai investigasinya oleh laboratorium forensik. Sekarang sudah di police line," ujar Tito di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/1).

Tito mengatakan, nantinya laboratorium forensik akan mencari titik awal terjadinya kebakaran dan dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah terdapat sumber bekas minyak ataupun arus pendek listrik. "Di mana kemudian di situ apakah ada open flame. Nanti kita akan uji, apa namanya itu, karbon untuk mengetahui apakah ada sumber-sumber bekas-bekas minyak. Kemudian untuk mengetahui apakah ada konsleting listrik itu," katanya.

Menurut Humas PD Pasar Jaya, Gatra Vaganza, kebakaran hebat terjadi di Blok II Pasar Senen pada Kamis (19/1), pagi. Kepala Polres Jakarta Pusat Komisaris Besar Dwiyono menyebut setidaknya terdapat 500 kios yang terbakar akibat peristiwa ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement