REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Hanta Yudha AR menilai kampanye yang dilakukan pasangan calon kepala daerah kepada masyarakat memberikan pengaruh besar dibandingkan dengan hasil survei oleh lembaga survei.
"Kampanye yang dilakukan pasangan calon kepala daerah dapat mempengaruhi opini masyarakat lebih signifikan untuk memilih pasangan calon tersebut," kata Hanta Yudha pada sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (21/1).
Menurut Hanta, kalau hasil survei dari lembaga survei hanya menyimpulkan persepsi masyarakat dari penilaian yang diberikan masyarakat sebagai responden dan tidak memberikan pengaruh signifikan pada pembentukan opini masyarakat.
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia ini menjelaskan, meskipun hasil survei pengaruhnya tidak signifikan, tapi banyak pasangan calon kepala daerah atau tim suksesnya yang menggunakan hasil survei untuk menggiring opini masyarakat.
"Cara seperti itu harus dihindarkan, karena penggiringan opini bukan merupakan fungsi sebenarnya dari lembaga survei," katanya.
Hanta menegaskan lembaga survei fungsi sebenarnya untuk memetakan kondisi dan memprediksi kemungkinan pilihan masyarakat.
Sementara itu, pengamat politik Eep Saefulloh fattah mengatakan hasil survei dari lembaga survei meskipun berbeda-beda tapi tidak dapat mengubah keputusan masyarakat dalam menentukan pilihannya.
Karena itu, kata dia, lembaga survei harus jujur mengungkap hasil penelitiannya, sehingga tidak menimbulkan kontroversial.
Direktur Eksekutif PolMark Reseacrh Center (PRC) Indonesia ini menambahkan, kesimpulan hasil survei yang disampaikan ke publik adalah sesuai data yang diperoleh.