Selasa 31 Jan 2017 23:37 WIB

Sineas Muda Indonesia ke Festival Film Melbourne

Rep: Nurina Savitri/ Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Film berjudul “Nunggu Teka” (menunggu kedatangan) yang disutradarai oleh sineas muda Mahesa Desaga dinobatkan sebagai Film Pendek Terbaik Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2017 kategori Pilihan Juri. Atas prestasi ini, Mahesa akan terbang ke Australia pada bulan Agustus untuk menghadiri Festival Film Internasional Melbourne (MIFF).

Lewat “Nunggu Teka”, Mahesa mengisahkan seorang ibu yang menunggu kepulangan putranya saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Sang ibu digambarkan hidup sendiri di rumah sederhana tanpa pendamping maupun sanak saudara. Rangkaian alur di sepanjang film berdurasi 14 menit itu-pun dipusatkan pada tokoh ibu, yang diperankan oleh Supatemi (almarhum).

Mahesa mengaku, inspirasi film pendek ini didapatnya dari pengalaman pribadinya sendiri.“Film ini dibuat untuk membagi rasa kita sebagai anak terhadap seorang ibu itu bagaimana sih,” ujar sineas kelahiran 1989 ini dalam acara pengumuman pemenang Kompetisi Film Pendek FSAI 2017, Ahad (29/1) di Senayan, Jakarta.

Kepada Australia Plus ia lalu menuturkan, “Inspirasi dan keinginan untuk membuat film ini datang ketika mengingat hubungan saya dengan ibu saya sendiri. Sekarang saya berada di usia yang sok sibuk, nggak pulang-pulang ke rumah, ditelepon orang rumah jawaban saya ‘Oh lagi sibuk, lagi ada kerjaan’.”