Jumat 03 Feb 2017 11:21 WIB

Saham Syariah Tahun Ini Prospektif

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Saham Syariah (ilustrasi)
Foto: ecosyariah.blogspot.com
Saham Syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saham syariah dan perbankan BUMN dinilai menjanjikan dan memiliki prospek baik pada tahun ini. Hal ini dikarenakan masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi pada saham syariah dan BUMN yang berada di bawah pemerintah.

Presiden Direktur BNI Securities, Adiyasa Suhadibroto menilai, masih banyak orang yang ragu menanamkan uangnya di saham, tetapi bisa lebih mempercayai saham syariah. "Karena syariah cenderung straightforward, tidak neko-neko," katanya pada Republika.co.id, Jumat (3/2).

Menurut Adiyasa, hal tersebut yang menjadikan saham syariah lebih mudah diterima oleh masyarakat, di samping imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan konvensional. Namun, saat ini masih belum banyak emiten yang menerbitkan saham syariah. "Syariah memang tidak banyak. Tapi indeksnya bagus," katanya.

Sedangkan saham konvensional yang lebih diterima calon investor adalah saham blue chip, seperti BUMN. Menurut Adiyasa, saham tersebut baik untuk berinvestasi jangka menengah. Selain itu, saham perbankan dinilai masih menjanjikan. Dari sisi sektor, sektor infrastruktur, perkebunan, dan komoditas juga dinilai memiliki prospek yang baik pada tahun ini.