Kamis 09 Feb 2017 06:30 WIB

AS Dikabarkan Siap Jual Paket Rudal ke Saudi

Rep: Kamran Dikara/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rudal balistik DF-3 (ilustrasi)
Foto: [ist]
Rudal balistik DF-3 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan telah memberikan lampu hijau untuk menjual paket senjata utama kepada Arab Saudi. Penjualan paket senjata tersebut dinilai penting untuk menghadapi ancaman dari Iran serta memerangi milisi ISIS.

"Paket teknologi rudal presisi senilai 300 juta dolar siap dikirim ke Riyadh serta (pesawat) F16 bernilai miliaran dolar," kata seorang pejabat AS, seperti dilaporkan laman Al Arabiya, Rabu (8/2).

Pejabat yang enggan diungkap identitasnya tersebut juga mengatakan bahwa penjualan paket senjata ini bernilai sangat signifikan. "Ini adalah penjualan yang signifikan untuk sekutu kunci di Teluk, yang menghadapi ancaman dari Iran dan dapat memberikan kontribusi untuk memerangi ISIS," ucapnya.

Seperti diketahui, AS di bawah pemerintahan Donald Trump baru saja menerapkan sanksi untuk Iran setelah negara tersebut melakukan uji coba rudal balistik.

 

Namun Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zari menyatakan bahwa uji coba rudal tersebut tidak termasuk dalam perjanjian nuklir yang telah disepakati negaranya dengan negara-negara kekuatan dunia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement