Jumat 09 Nov 2012 02:18 WIB

Chris John Siap Hadapi Petinju Thailand

Rep: Citra Listya Rini/ Red: M Irwan Ariefyanto
  Petinju Chris John menjalani latihan fisik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (31/10).  (Yudhi Mahatma/Antara)
Petinju Chris John menjalani latihan fisik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (31/10). (Yudhi Mahatma/Antara)

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA - Chris John sudah siap naik ring mempertahankan gelar juara kelas bulu WBA melawan Chonlatarn Piriyapinyo di Marina Bay Sands, Singapura, Jumat (9/11).

Secara teknis, tidak ada kendala yang dihadapi oleh pemegang gelar Super Champion ini. Chris mengaku tinggal mempersiapkan mentalnya untuk menghadapi Chonlatarn di depan publik Negeri Singa itu. “Saya sudah siap, tinggal persiapan mental biar tenang untuk bertanding besok,” ujar petinju asal Banjarnegara, Jawa Tengah, ini, Kamis (8/11).

Kedua petinju yang akan naik ring sudah menggelar timbang badan sehari sebelum duel di Arena Ice Skating, Marina Bay Sands, Singapura. Berat petinju kebanggaan Indonesia itu tepat 57,1 kilogram sedangkan lawannya 56,8 kilogram.

Menurut petinju asli Banjarnegara tersebut, berat badannya sekarang ini sudah terprogram dan sesuai dengan ukuran serta jadwal yang diinginkan.

Selama di Singapura, kata Chris, ia terus menjaga berat badannya lewat latihan ringan yang dilakoninya menjelang naik ke atas ring melawan the Pride of Thailand-julukan Chonlatarn. Latihan ringan tersebut, kata dia, juga untuk mempertahankan kondisi fisiknya.

“Piriyapinyo memang petinju hebat. Saya tak boleh gegabah. Tapi, dengan persiapan serius yang saya lakukan, saya yakin bisa memberikan kekalahan pertama untuknya,” tutur Chris.

Chris hingga kini tercatat memegang rekor bertarung 47 kali menang (22 di antaranya KO), dua kali seri, dan belum pernah kalah. Sedangkan, Chonlatarn memiliki rekor 44 kali menang (27 di antaranya KO) dan belum pernah kalah.

Pertarungan melawan Chonlatarn mendatang merupakan pertarungan ke-17 kali bagi Chris John dalam rangka mempertahankan gelarnya yang digenggamnya sejak sembilan tahun yang lalu. Petinju yang bernama lengkap Yohannes Christian John ini memiliki tinggi badan 1,69 meter dan jangkauan 1,70 meter.

The Indonesian Thin Man-julukan lain Chris-mempunyai gaya khas Orthodox dalam bertinju. Chris tercatat sebagai petinju Indonesia ketujuh yang berhasil meraih gelar juara dunia setelah Ellyas Pical, Pulo Sugarray, Hengky Gun, Nico Thomas, Dominggus Siwalete, dan Suwito Nagola.

Sama seperti Chris, Chonlatarn yang bernama asli Suriya Tatakhun ini juga terkenal dengan gaya bertinju Orthodox. Petinju kelahiran Provinsi Amnat Charoen di Thailand ini mengaku sudah tidak sabar untuk bertarung di atas ring melawan Chris. “Saya telah bertarung di level Asia selama tujuh tahun dan telah mengalahkan semua penantang saya. Jadi, (laga) ini bakal menjadi uji coba bagi diri saya melawan penantang di level tertinggi, Chris John,” kata pria bernama asli Suriya Tatakhun

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement