Senin 02 Dec 2013 18:41 WIB

Satlak Prima: Target 120 Medali Realistis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Fernan Rahadi
SEA Games 2013 Myanmar
SEA Games 2013 Myanmar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menargetkan perolehan 120 medali emas dari 460 yang diperebutkan di SEA Games XXVII Myanmar, pada 11-22 Desember 2013. Dari 34 cabang olahraga yang dipertandingkan, Indonesia hanya berpartisipasi di 33 cabang olahraga.

Ketua Umum Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Surya Darma mengatakan, target 120 medali emas cukup logis. Apalagi peluang Indonesia untuk menambang medali emas akan lebih banyak didapatkan dari cabang bela diri dan terukur. Kedua cabang tersebut menawarkan peluang medali lebih besar karena banyak nomor pertandingan yang digelar.

"Untuk cabang akurasi dan permainan tentu ada peluang tapi tidak sebanyak cabang olahraga bela diri dan terukur," ujar Surya, Senin (2/12).

Sementara itu, atlet karate Muhammad Faisal Zainuddin mengatakan, target 120 medali yang dibebankan oleh pemerintah cukup realistis, sebab seluruh cabang olahraga telah memulai pelatnas SEA Games sejak setahun lalu. Selain itu, mereka juga telah melakukan serangkaian uji coba di dalam maupun luar negeri. Meskipun Mynamar telah menetapkan strategi pemenangan dengan mengurangi sejumlah nomor, namun cabang olahraga karate tetap optimis bisa meraih tujuh medali emas.

"Secara pribadi persiapan saya sudah seratus persen, tinggal bertempur saja di Myanmar," ujar Faisal.

Karateka yang akan turun  di nomor kata tersebut mengakui bahwa persiapan SEA Games tahun ini memang banyak kendala dan kekurangan. Mulai dari peralatan hingga uang saku yang turunnya telah, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Menurutnya, jika persiapan SEA Games tahun ini bisa seperti SEA Games 2011 maka tak menutup kemungkinan Indonesia bisa menggondol medali lebih banyak dari yang ditargetkan.

Kontingen Indonesia mengirim 908 orang yang terdiri dari 621 atlet, 221 ofisial, dan 66 headquarter yang merupakan personel dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Para atlet yang ikut berjuang membela merah putih itu telah ditetapkan sebagai peserta SEA Games 2013 di Jakarta pada 27 November lalu. Pemberangkatan kontingen ke Myanmar akan dilakukan secara bertahap yakni mulai 7 Desember diikuti oleh 79 atlet. Namun, sejumlah cabang olahraga ada yang berangkat lebih dulu yakni tinju pada 3 Desember dan basket pada 5 Desember. Seluruh kontingen dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada 23 Desember 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement