Sabtu 22 Mar 2014 16:40 WIB

Amir Khan Naik Kelas

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Amir Khan
Foto: Reuters/Steve Marcus
Amir Khan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Amir Khan tak mau larut dalam kekecewaan setelah gagal mendapat tantangan dari Floyd Mayweather Junior. Petinju asal Inggris itu justru semakin termotivasi dan memutuskan untuk naik kelas.

Khan menyatakan, pada laga berikutnya, ia akan bermain di kelas welter 147 lbs. Petinju usia 27 tahun itu mengaku sudah tak lagi nyaman bertanding di kelas 140 lbs.

"Saya pikir 147 lbs akan membuat saya semakin kuat," kata Amir Khan seperti dilansir Give Me Sports.

Mantan juara dunia kelas welter ringan versi WBA dan IBF itu mengungkapkan, dirinya sangat menderita untuk menjaga berat badan di 140 lbs. Dengan tubuh yang lebih berat, Khan merasa lebih sehat dan bertenaga. Ia juga mengaku lebih percaya diri ketika menghadapi sebuah pertandingan.

Terkait berat badan, Khan menyatakan itu merupakan faktor yang sangat signifikan bagi seorang petinju. Ia mengaku sudah merasa tidak nyaman dengan berat 140 lbs saat mengalahkan Zab Judah pada Juli 2011. Setelah laga itu, Khan kalah dua kali berturut-turut oleh Lamont Peterson dan Danny Garcia.

Meski begitu, Khan mengaku belum mencapai kondisi terbaik di kelas barunya. Ia mengaku masih perlu meningkatkan kecepatan dan tenaga.

"Itu semua akan saya tingkatkan secepatnya. Saya melihat masa depan yang cerah di kelas baru ini," ujarnya.

Khan kalah bersaing dengan Marcos Maidana untuk menjadi lawan tanding Mayweather pada laga yang dijadwalkan berlangsung pada 3 Mei mendatang.

Kegagalan itu membuat Khan kehilangan kesempatan melakoni laga dengan bayaran terbesar dalam kariernya. Luis Callazo dan Robert Guerrero disebut-sebut akan menjadi lawan tanding Khan berikutnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement