Rabu 10 Dec 2014 22:05 WIB

Wapres Jusuf Kalla Buka ASEAN University Games XVII

Rep: Maspril Aries/ Red: Israr Itah
Jusuf Kalla
Foto: Republika/ Wihdan
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi membuka ASEAN University Games (AUG) XVII atau Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN di Stadion Gelora Sriwijaya, Kompleks Jakabaring Sport City. Pembukaan AUG ditandai dengan penyalaan api di kaldron sebagai simbol dimulainya ajang multi event olahraga ini.

AUG XVII mempertandingkan 20 cabang dengan memperebutkan 1656 medali, terbagi ke dalam 538 medali emas, perak dan perunggu. Walau tidak semegah pembukaan SEA Games XXVI pada 2011 dan Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013, opening ceremony AUG XVII tetap berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai atraksi tarian dan hiburan. Grup band Gigi yang digawangi Armand Maulana, Dewi Gita, Andi RIF, Ira Swara dan grup vokal RAN ikut memeriahkan acara.

Pembukaan diawali penampilan marching band IPDN yang dilanjutkan defile atlet peserta AUG yang berasal dari mahasiwa negara-negara ASEAN. Kemudian dilanjutkan laporan dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang hadir mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset M Nasir serta Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi.

Di pintu utama stadion Gelora Sriwijaya, wartawan yang datang untuk meliput pembukaan AUG XVII harus kecele. Walau sudah memilik ID Card VVIP yang dibagikan Korem 044/ Garuda Dempo, wartawan tidak boleh masuk melalui pintu utama yang selama ini menjadi gerbang menuju ke dalam stadion. Wartawan yang kesal dan kecewa diarahkan masuk stadion melalui pintu A yang berada di bagian kiri pintu VVIP. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement