Kamis 11 Jun 2015 07:35 WIB

Rowing Jadi Andalan Indonesia Kumpulkan Medali

Red: Israr Itah
Tim rowing Indonesia
Foto: ANTARA FOTO
Tim rowing Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Rowing menjadi andalan untuk menambah pundi-pundi emas bagi kontingen Indonesia pada SEA Games 2015 di Singapura, Kamis (11/6). Ini setelah dua disiplin cabang olahraga dayung lainnya yaitu perahu naga dan kano selesai dipertandingkan.

Ada delapan emas yang dipertandingkan pada hari pertama pelaksanaannya. Sejumlah atlet Indonesia akan turun, seperti Memo dan kawan-kawan. Mereka akan berjuang untuk mengejar target, yaitu enam medali emas dengan peluang untuk memenuhinya cukup terbuka. Semua perlombaan untuk cabang olahraga itu, dilakukan di Selat Marina.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, cabang olahraga balap sepeda juga mulai berjuang untuk mengejar pundi-pundi emas untuk Indonesia. Pada hari pertama ini, dua nomor akan dipertandingkan, yaitu Individual Time Trial (ITT) putra dan putri.

Pada cabang ini, Indonesia mengandalkan sektor putra. Ada beberapa nama yang siap mengejar emas, di antaranya Robin Manullang, Aiman Cahyadi, Jamalidin Novardianto, dan Tonton Susanto.

Cabang balap sepeda pada SEA Games 2015 tidak mendapatkan target tinggi . Hanya, Ikatan Sepeda Sport Indonesia sebagai induk organisasi menargetkan bisa mendapatkan dua emas meski persaingan untuk meraihnya cukup ketat.

Pencak silat yang pada hari pertama mampu menyumbahkan dua emas, hari ini juga akan kembali bertanding. Namun, bukan nomor seni lagi yang dipertandingkan melainkan nomor tarung. Ada nama Awaludin Nur yang akan bersaing di hari kedua itu.

Harapan hasil terbaik disampaikan oleh sang manajer Haslim Aziz. Menurut dia, dua emas sebelumnya diharapkan menjadi modal karena sebagai pemilik cabang olahraga beladiri itu, Indonesia harus mampu bersaing dengan negara lain yang saat ini tidak boleh diremehkan.

"Kita harus berusaha memberikan yang terbaik meski sebelumnya kita tampil di bawah performa terbaik. Kami berharap semuanya bisa maksimal," katanya.

Cabang olahraga renang juga akan unjuk kekuatan pada hari terakhir. Memang perjuangan mereka akan berat setelah belum mendapatkan medali emas dari lima yang dipertandingkan. Pada hari terakhir harapan Indonesia hanya di Gede Siman Sudartawa.

Cabang olahraga permainan juga dipertandingkan, antara lain basket, bola voli, bulu tangkis, dan sepak bola. Khusus untuk sepak bola merupakan pertandingan penentuan untuk lolos ke semifinal.

Lawan tim Indonesia adalah tuan rumah Singapura. Tim Merah Putih hanya butuh satu poin untuk lolos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement