Selasa 08 Nov 2016 06:12 WIB

IKASI Adakan Seleksi untuk Atlet Anggar Nasional

Red: Angga Indrawan
Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Agus Suparmanto (tengah) berfoto bersama dengan peserta Seleksi Nasional Cabang Olahraga Anggar di Cilandak Commercial Estate, Jakarta Selatan. Senin (7/11).
Foto: istimewa
Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Agus Suparmanto (tengah) berfoto bersama dengan peserta Seleksi Nasional Cabang Olahraga Anggar di Cilandak Commercial Estate, Jakarta Selatan. Senin (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) melakukan seleksi atlet nasional sejak 5 hingga 7 November 2016. Seleksi dilakukan dalam rangka menyambut perhelatan olahraga Sea Games XXIX yang akan berlangsung pada Tahun 2017 di Malaysia dan Asian Games XVIII tahun 2018 di Indonesia.

Ketua IKASI Agus Suparmanto mengatakan, peserta seleksi nasional ini merupakan atlet terbaik yang diambil dari ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX di Jawa Barat yang diselenggarakan pada bulan September yang lalu dan beberapa atlet potensial lain yang direkomendasikan para pelatih dari tiap daerah.

“Kita akan melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin dalam membina atlet-atlet Anggar ini supaya bisa mengharumkan nama Indonesia dan kita menargetkan bisa mendapatkan dua emas pada Ajang Sea Games maupun Asian Games," ujar Agus saat meninjau lokasi seleksi di Cilandak Commercial Estate, Jakarta Selatan, Senin (7/11).

Sementara itu,  untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh para atlet, Agus telah melakukan kerja sama dengan Federasi Anggar Korea untuk melakukan kegiatan latihan bersama dan memberikan pengarahan serta memantau perkembangan atlet nasional tersebut.

“Atlet yang terpilih nanti akan melakukan join training dengan atlet-atlet Anggar dari Korea yang akan kami agendakan di bulan Desember mendatang,” kata Agus.

Agus juga melihat potensi cabang olahraga Anggar untuk meraih prestasi di kancah Internasional dan mengharumkan nama Indonesia sangatlah besar, dan ia mengharapkan adanya dukungan penuh dari berbagai pihak khususnya pemerintah terhadap atlit-atlit anggar tersebut. “Kami harap pemerintah mulai turun dan terlibat dalam peningkatan karir dan memberikan motivasi serta semangat kepada para atlet Anggar untuk berlaga di ajang  Internasional,” harap Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Seleksi Nasional, Khairuman menambahkan bahwa seleksi tersebut diikuti oleh 72 atlet terbaik dari berbagai provinsi, yang nantinya akan dipilih sebanyak 24 orang untuk ditetapkan sebagai atlet nasional dan kemudian akan diserahkan kepada Satuan Pelaksana Prima Indonesia dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk diberikan pembinaan lebih lanjut.

“Yang kita tetapkan untuk menjadi atlet nasional Anggar ini dari masing-masing kelas yaitu Floret, Sabel dan Degen Putra dan Putri. Dan saya yakin dengan perjuangan Pengurus Besar IKASI yang sekarang ini, atlet Anggar Indonesia bisa lebih maju dan berprestasi lagi,” tandas Khairuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement