Senin 02 Jul 2012 21:51 WIB

Dedeh Gagal, PB PASI Bahas Wild Card Olimpiade

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Logo Olimpiade London 2012
Foto: Reuters
Logo Olimpiade London 2012

JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan membahas dan menentukan jatah "wild card" atlet ke Olimpiade London 2012 setelah pelari nasional Dedeh Erawati gagal kualifikasi. "Dengan gagalnya Dedeh, kami akan membahas siapa yang pantas mendapatkan jatah 'wild card' untuk satu atlet putri itu ke Olimpiade London," ujar Kabid Binpres PB PASI Budi Darma Sidi di Jakarta, Senin (2/7).

Budi mengungkapkan Dedeh Erawati yang mengikuti kejuaraan Asian All Stars di Almaty, Uzbekistan pada tanggal 30 Juni--1 Juli itu gagal meraih limit B untuk bisa berlaga di Olimpiade London. Pada kualifikasi lari gawang 100 meter itu Dedeh hanya mendapat medali perunggu setelah finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 13,20 detik.

Pelari tuan rumah, Natalya Ivoninskaya, tampil juara dengan catatan waktu 13.09 detik, sedangkan posisi kedua pelari Kazakhstan lainnya, Anastasiya Pilipenko (13.19 detik). Kegagalan Dedeh untuk lolos limit waktu yang ditentukan tak lepas dari ketatnya persaingan.

"Kejuaraan Asian All Stars itu diikuti oleh para pelari terbaik dari Asia maka persaingannya memang sangat ketat," ujarnya. Ditambahkan Budi Darma, sebagian besar pelari yang turun dalam kejuaraan tersebut juga mengusung target yang sama untuk bisa lolos ke Olimpiade.