Rabu 01 Aug 2012 21:43 WIB

Delapan Atlet Bulutangkis Putri Didiskualifikasi

Red: M Irwan Ariefyanto
Mahasiswa Indonesia Ikuti Kejuaran Catur dan Badminton Dunia/ilustrasi
Mahasiswa Indonesia Ikuti Kejuaran Catur dan Badminton Dunia/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Delapan pebulutangkis yang terlibat dalam 'skandal manipulasi hasil pertandingan' pada cabang olahraga badminton Olimpiade London 2012 didiskualifikasi dari nomor ganda pada turnamen itu.

Menurut AFP, delapan atlet itu adalah empat atlet Korea Selatan, dua atlet Indonesia, dan dua atlet Cina. Kedelapannya didiskualifikasi berdasarkan keputusan yang dibuat Federasi Badminton Dunia (BWF). "Mereka telah didiskualifikasi dari olimpiade," kata sumber yang tak disebutkan identitasnya tersebut.

Kedelapan atlet badminton putri tersebut adalah pasangan Yu Yang dan Wang Xiaoli asal Cina, pasangan Ha Jung Eun dan Kim Min Jung, serta pasangan Ja Kyung Eun dan Kim Ha Na asal Korea Selatan, dan terakhir pasangan asal Indonesia, Meiliana Jauhari dan Greysia Polii.

Kedelapannya didiskualifikasi karena tidak bermain maksimal untuk memenangkan pertandingan dan melakukan perbuatan yang merugikan semangat berkompetisi.

Sebelumnya para suporter yang marah telah meneriaki para pemain pada Selasa lalu (31/6) setelah dalam pertandingan, para atlet tersebut bermain tak maksimal, banyak servis yang menyangkut net, dan pukulan-pukulan yang keluar garis.

Kedelapannya diduga memanipulasi hasil pertandingan putaran awal, dan dianggap menghindari lawan tangguh pada perempatfinal untuk mengamankan jalan mereka menuju medali emas.

Sebastian Coe, ketua penyelenggara Olimpiade 2012 mengecam kejadian memalukan ini. Seperti dikutip BBC, Coe menyebut diskualifikasi delapan atlet badminton ganda putri ini adalah kejadian yang tidak bisa diterima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement