Jumat 10 Aug 2012 10:11 WIB

AS Sabet Emas Sepakbola Putri

Carli Lloyd (tengah) mencetak dua gol di final sepakbola putri Olimpiade, Jumat (10/8) dinihari.
Foto: CNN
Carli Lloyd (tengah) mencetak dua gol di final sepakbola putri Olimpiade, Jumat (10/8) dinihari.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  - Amerika Serikat menjadi juara sepakbola putri Olimpiade setelah meraih kemenangan 2-1 atas Jepang Jumat (10/8) dini hari WIB. Dua gol Carli Lloyd telah membuat negaranya tiga kali berturut-turut meraih emas Olimpiade. 

Kemenangan itu juga sebagai balas dendam atas kekalahan mereka dari Jepang pada final Piala Dunia sepakbola putri, demikian AFP.

Lloyd gagal mengeksekusi tendangan penalti ketika AS kehilangan mahkota pada Piala Dunia lewat adu penalti, namun dia kini menikmati pembalasan manis di  Wembley dengan dua gol yang diciptakannya pada babak pertama dan kedua, sementara Jepang hanya mampu menyarangkan satu gol dari Yuki Ogimi.

Dengan demikian AS telah meraih emas keempatnya pada cabang ini dalam lima Olimpiade terakhir.

AS menikmati sukses Olimpiade cabang ini sejak sepakbola putri dikenalkan pada Olimpiade 1996 dan kemenangan di London ini mengikuti kemenangan serupa sebelumnya pada Olimpiade Atlanta 1996, Olimpiade Athena 2004 dan Olimpiade Beijing 2008.

Kendati mereka tidak memenangi turnamen ini pada Olimpiade Sidney 2000, AS masih bisa mendapat perak, sedangkan Jepang berusaha menjadi satu-satunya tim sepakbola putri di dunia yang bisa menyandingkan gelar juara dunia dengan gelar juara Olimpiade. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement