Jumat 19 Oct 2012 10:19 WIB

Reli Pembuka WRC Italia, Rifat Sempat Tertahan

Rifat Sungkar dan Scott Beckwith dari tim Pertamina Cusco Rally Team saat rally di Asia Pacific Rally Championship (APRC) Whangarei – New Zealand
Foto: www.sportku.com
Rifat Sungkar dan Scott Beckwith dari tim Pertamina Cusco Rally Team saat rally di Asia Pacific Rally Championship (APRC) Whangarei – New Zealand

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pereli nasional Rifat Sungkar sempat tertahan di Special Stage (SS) pembuka World Rally Championship (WRC) seri Italia oleh pebalap yang start didepannya. Alhasil ia harus kehilangan waktu yang cukup banyak.

Tertahannya pereli yang memperkuat Fastron World Rally Team oleh pereli lainya yaitu Jose Nicolas ini terjadi di SS1 Terranova yang menempuh jarak 28,14 km.

"Di SS1 kami terhalang mobil nomor 63 (Jose Nicolas) yang entah kenapa tidak memacu kendaraan dengan semestinya sehingga pandangan kedepan terbatas. Kami sempat kebablasan sehingga kehilangan waktu sekitar 20 detik," kata Rifat melalui surat elektronik, Jumat.

Pada SS1 Terranova dengan jarak tempuh 28,14 km ini Rifat Sungkar yang berpasangan dengan navigator Beckwith hanya membukukan catatan waktu 22 menit 49 detik.

Setelah SS1 usai, kata Rifat, tahap berikut yakni re-grouping termasuk timnya guna menjalani SS2. Di SS2 ini lintasan yang digunakan sama dengan SS1 dan yang membedakan hanyalah waktu pelaksanaannya yaitu sore hari.

"Di SS2 kita tidak terlalu ngotot karena resikonya tinggi. Selain hari sudah gelap, lintasan yang dilalui banyak terdapat batu-batu besar yang berbahaya," kata Rifat menambahkan.

Anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar itu mengaku justru dengan tidak ngotot akan berdampak pada catatan waktu. Di SS2 ini dirinya hanya mampu membukukan catatan waktu 23 menit 13,2 detik. Dan dengan hasil ini Rifat sementara berada diposisi 26 klasemen umum.

Khusus untuk Rally Class dimana Rifat Sungkar dan Scott Beckwith turun terjadi persaingan yang ketat dari dua pereli yaitu Yury Protasov asal Ukraina dan Ricardo Trivino dari Mexico. Kedua pereli ini bergantian dalam meraih waktu tercepat.

"Perjuangan kita masih panjang. Masih 14 SS lagi yang harus dilalui. Kami berharap bisa meraih hasil maksimal. Apalagi kendaraan juga dalam kondisi prima," kata juara nasional delapan kali reli dan sprint reli itu.

Setelah menyelesaikan dua SS pembuka, selanjutnya Rifat Sungkar dan Scott Beckwith akan menyelesaikan enam SS dengan total jarak tempuh 524,14 km. Di jalur ini terdapat dua SS terpanjang yaitu SS3 dan SS8.

Rally d' Italia di Sardegna, 18-21 Oktober akan menempuh jarak 1.241,5 km dan melalui 16 Special Stage (SS). Seri Italia ini merupakan salah satu seri yang ada saat dimulainya WRC tahun 1973 lalu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement