Ahad 30 Jun 2013 21:25 WIB

Nico Rosberg Juarai Balapan F1 di Silverstone

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Citra Listya Rini
Nico Rosberg
Foto: planetf1
Nico Rosberg

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Pembalap Mercedes Nico Rosberg menjadi juara di Sirkuit Silverstone, Inggris, Ahad (30/6) malam WIB. Memulai start dari posisi kedua, pembalap Jerman itu berhasil memenangi seri balapan Formula 1 kedelapan pada musim ini. 

Ia mengungguli pembalap Red Bull Renault, Mark Webber yang menempati posisi runner up dengan waktu lebih lambat 0,7 detik. Kemenangan Rosberg terasa spesial lantaran di tikungan terakhir, Webber berusaha terus menyodok posisinya. 

Beruntung, meski kalah dalam hal kecepatan mobil, ia mampu menahan Webber di belakangnya. Bagi Webber, posisi kedua patut dibanggakan karena mampu mencatat fastest lap dengan catatan 1 menit 33,401 detik.

Podium terakhir diraih pembalap Ferrari, Fernando Alonso. Memulai balapan dari urutan kesembilan, capaian itu dapat dibilang hasil bagus bagi Juara Dunia F-1 2005 dan 2006 itu. Adapun, pembalap tuan rumah, Lewis Hamilton yang diharapkan meraih hasil bagus harus puas menempati urutan keempat.

Hamilton yang memulai dari garis terdepan tidak mampu berbuat banyak setelah melorot ke belakang. Bagi pembalap Mercedes itu, capaiannya terbilang cukup karena sempat tercecer di luar 10 besar. 

Berkat perjuangan pantang menyerah, di lap terakhir, ia sukses menyegel posisi keempat. Pembalap Lotus, Kimi Raikkonen yang disalip Hamilton terpaksa menduduki peringkat kelima. 

Hasil itu sepertinya cukup mengecewakan bagi Raikkonen. Pasalnya, hingga lap ke-48 dari 52 putaran, Juara Dunia F-1 2007 itu masih menghuni peringkat kedua. Performa mobil yang terus menurun menjelang garis finis memaksanya menempati urutan lima besar. 

Nasib sial menimpa juara bertahan Sebastian Vettel. Pada lap ke-42, tiba-tiba kecepatan mobilnya menurun drastis akibat mengalami masalah di gearbox. Vettel menunjukkan ekspresi kekecewaan ketika keluar dari mobil akibat mendapati kendaraannya mogok. Karena berhenti di tengah lintasan, mobil safety car keluar.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement