Ahad 04 Sep 2016 23:16 WIB

Dominasi Juara Baru MotoGP, Maverick Vinales

Red: Andri Saubani
Maverick Vinales
Foto: AFP/Karim Jaafar
Maverick Vinales

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE – Pembalap Suzuki, Maverick Vinales menunjukkan dominasi balapan MotoGP di sirkuit Silverstone, Ahad (4/9). Pembalap berusia 21 tahun itu memimpin sejak start balapan diulang menyusul kecelakaan serius pada lap pertama. Ini adalah kemenenangan pertama pembalap Suzuki di Silverstone sejak 2007, demikian dilaporkan Motorsports.

Balapan sempat dihentikan sementara (red flag) pada lap pertama setelah Loris Baz dan Pol Espargaro terlibat kecelakaan serius jelang tikungan kedua (Maggots).  Memulai start ulangan pada posisi ketiga, Vinales segera menjadi yang terdepan setelah menyalip Valentino Rossi di tikungan Stowe dan Cal Curtchlow di belokan Abbey. 

Tidak lama setelah berhasil mendahului Crutchlow, secara perlahan tapi pasti, Vinales memperlebar jarak dengan pembalap di belakangnya. Vinales pun terus memimpin hingga melewati garis finis dengan margin 3,480 detik untuk meraih gelar juara pertamanya di karier MotoGP. Crutchlow dan Rossi melengkapi posisi podium kedua dan ketiga. Pemimpin klasemen sementara MotoGP, Marc Marquez harus puas di posisi keempat setelah sempat melakukan kesalahan saat balapan menyisakan empat lap.

Klasemen Balap MotoGP 2016