Selasa 18 Sep 2012 13:42 WIB

Prestasi Naik, Kalbar Raih 6 Medali Emas PON Riau

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Wisma atlet PON XVIII/2012 di Pekanbaru, Riau (ilustrasi).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Wisma atlet PON XVIII/2012 di Pekanbaru, Riau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Provinsi Kalimantan Barat hingga Selasa, telah meraih sebanyak 25 medali yang terdiri dari, enam medali emas, lima perak, dan 14 perunggu pada PON XVIII/2012 di Riau. "Hingga kini total peraihan medali Kalbar sebanyak 25 medali, dengan perolehan itu Kalbar berada di urutan 17 dari 33 peserta PON XVIII/2012 Riau," kata Sekretaris Umum KONI Kalbar Firdaus Zar'in, di Pekanbaru, Selasa (18/9).

Ia menjelaskan, Senin (17/9) malam, atlet biliar Kalbar, Riko Herman yang turun di nomor bola sembilan perorangan meraih medali emas, sehingga menambah satu medali emas dari sebelumnya lima emas.

"Mudah-mudahan dalam dua hari kedepan perolehan medali Kalbar bisa bertambah, meskipun cukup berat, tetapi dengan enam emas, atlet-atlet kita sudah memperbaiki perolehan medali," ungkap Firdaus. Dibanding PON XVII di Kalimantan Timur pada tahun lalu, Kalbar  memperoleh lima emas.

Sekretaris Umum KONI Kalbar menambahkan, tinggal beberapa cabang olahraga yang kini masih bertanding, diantaranya balap sepeda, biliar, dan dayung. "Mudah-mudahan cabang olahraga tersebut bisa menambah medali sehingga peringkat Kalbar bisa lebih naik lagi," katanya.

Adapun cabang olahraga yang berhasil menyumbang medali emas, diantaranya anggar dua medali emas, tarung derajat, angkat berat dua emas, yakni kelas 47 kilogram dan 52 kilogram, dan terakhir biliar nomor bola sembilan perorangan.

KONI Kalbar mengirim sebanyak sembilan cabang olahraga andalan yang siap menyumbang emas pada PON XVIII/2012 di Riau, yakni aeromodeling, anggar, angkatberat/besi, atletik, balap motor, bilyar, tarung derajat, tinju dan wushu.

Selain mengirim andalan, KONI Kalbar juga mengirim delapan cabang olahraga harapan, diantaranya balap sepeda, dayung, gulat, karate,panahan, panjat tebing, taekwondo, dan terjun payung. Kemudian Kalbar juga mengikutkan atlet dalam 10 cabang olahraga partisipan, yakni basket, catur, kempo, pencak silat, renang, selam, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, voli dan judo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement