Sabtu 30 Nov 2013 19:39 WIB

Pastor Maldonado Resmi Gantikan Raikkonen

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih
Pembalap asal Venezuela, Pastor Maldonado
Foto: AP/Andres Kudacki
Pembalap asal Venezuela, Pastor Maldonado

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Spekulasi pembalap yang akan menggantikan Kimi Raikkonen untuk Lotus pada ajang F1 2014 akhirnya terjawab. Pastor Maldonado secara resmi telah terpilih menjadi pengendara mobil E21 milik Lotus bersama Romain Grosjen musim depan.

Pembalap asal Venezuela itu tak bisa menyembunyikan rasa bahagia karena diberikan kesempatan untuk berlaga bersama tim yang kompetitif di F1. Setelah tiga tahun bergabung dengan tim Williams, Maldonado mengakui, dia membutuhkan tantangan baru dalam kariernya. Lotus pun telah memberikan penawaran yang tepat.

"Ini adalah kesempatan yang fantastis, bukan rahasia lagi bahwa saya menginginkan perubahan dalam karier saya dan ini merupakan waktu yang tepat untuk sebuah awal baru," kata Maldonado, dilansir BBC Sport, Sabtu (30/11).

Musim 2013, prestasi Maldonado memang tidak begitu menonjol. Dia tercatat hampir tidak pernah meraih podium sepanjang grand prix dan berakhir di peringkat 18 klasemen. 

Namun, sejak berkompetisi di F1 pada 2011, pebalap berusia 28 tahun itu pernah menorehkan prestasi manis dengan meraih peringkat pertama di Grand Prix Spanyol 2012.

Bos Lotus, Eric Boullier dengan tegas menyatakan, Maldonado dapat memberikan hasil terbaik bagi timnya di musim depan. Karena, Maldonado dianggap pebalap yang memiliki potensi dan kecepatan yang mumpuni. 

Hal ini ditunjukkannya ketika berhasil meraih gelar juara GP2 pada 2010. Sekaligus mampu melewati kerasnya lintasan balap selama tiga tahun kariernya di F1 bersama tim Williams.

"Kami adalah tempat yang tepat bagi Maldonado untuk mengembangkan bakatnya sehingga bisa berkembang menjadi pebalap level atas," kata Boullier.

Sebelumnya, Lotus membidik dua pebalap untuk menggantikan posisi Raikkonen yakni Nico Hulkenberg dan Maldonado. Tim Lotus, cukup lama mempertimbangkan pebalap yang akan dipilih karena terbentur dengan kondisi keuangan yang carut marut. 

Sebenarnya, di atas kertas Hulkenberg mempunyai prestasi lebih baik, namun dia tidak disokong oleh sponsor pribadi. Sedangkan Maldonado disponsori oleh perusahaan minyak Venezuela sejak 2011. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement