Rabu 10 Sep 2014 08:57 WIB

Enam Bulan Kritis, Schumacher Akhirnya Keluar dari RS

Rep: Gita Amanda/ Red: Bilal Ramadhan
Michael Schumacher
Foto: Aipchart Weerawong/AP
Michael Schumacher

REPUBLIKA.CO.ID, LAUSANNE-- Mantan juara dunia F1 Michael Schumacer akhirnya meninggalkan rumah sakit Swiss. Ia akan melanjutkan pemulihan di rumahnya, setelah hampir delapan bulan menjalani perawatan di rumah sakit.

BBC News melaporkan, manajer Schumacher, Sabine Kehm mengatakan dalam sebuah pernyataan Scumacher telah mengalami banyak kemajuan. Tapi masih ada 'jalan panjang dan sulit' ke depannya. Schumacher mengalami cedera di kepala dalam kecelakaan ski di Prancis, Desember silam.

Ia sempat dirawat di rumah sakit setempat, sebelum dipindahkan ke rumah sakit Swiss pada bulan Juni. Keluarga Schumacher mengatakan, pada Juni ia telah berhasil lolos dari koma. Dan tengah menjalani induksi medis untuk mengurangi pembengkakan di otaknya.

Schumacher menghabiskan enam bulan di sebuah rumah sakit di Prancis, sebelum akhirnya dipindahkan ke rumah sakit di Lausanne. Rumah keluarganya berada sekitar 40 km dari Lausanne.

"Sejak ini, rehabilitasi Michael akan berlangsung di rumahnya. Mengingat luka parah yang dideritanya, ia telah mengalami banyak kemajuan dalam beberapa pekan  dan bulan terakhir," kata Kehm.

Namun pernyataan Kehm tak memberikan indikasi apakah telah terjadi perubahan keadaan kesehatan Schumacher. "Kami meminta agar privasi keluarga Michael terus dihormati, dan spekulasi tentang kesehatanya dihindari," tambahnya.

Menurut Kehm, keluarga dan manajemen juga mengucapkan terima kasih pada tim di rumah sakit Lausanne. Mereka telah bekerja dengan kompeten dan menyeluruh, menurut keluarga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement