Jumat 15 Apr 2016 17:15 WIB

Raikkonen Catatkan Waktu Tercepat pada Sesi Latihan F1 Cina

Red: M Akbar
Kimi Raikkonen
Foto: EPA/Diego Azubel
Kimi Raikkonen

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Kimi Raikkonen mencatatkan waktu tercepat dengan mengungguli Sebastian Vettel pada latihan Jumat untuk Grand Prix Formula 1 Cina, ketika pasangan Ferrari mengatasi dominasi duo Mercedes.

Pebalap Finlandia, mantan pemenang untuk Ferrari di Cina, mencatatkan waktu satu menit 36,896 detik pada sesi latihan kedua pada Jumat, mengungguli rekan setimnya asal Jerman Vettel dengan selisih 0,109 detik.

Pemuncak klasemen Nico Rosberg menduduki urutan ketiga untuk Mercedes, terpaut 0,237 detik dari catatan waktu Raikkonen.

Rekan setim Rosberg sekaligus juara dunia bertahan Lewis Hamilton, yang menuju sesi kualifikasi Sabtu dengan penalti lima grid karena perubahan gearbox, menduduki urutan keempat, tertinggal 0,433 detik.

Rosberg mencatatkan waktu tercepat dengan mengungguli Hamilton pada sesi Jumat (15/4) pagi yang terinterupsi, di mana duo Ferrari itu menduduki urutan ketiga dan keempat.

Namun skuad yang berbasis di Maranello itu membalikkan situasi atas rival-rival Jermannya pada sore hari, di mana mereka menorehkan laju tercepat dengan menggunakan ban berkompon super lembut.

Sesi latihan Jumat sore menjadi kedua kalinya pada musim ini di mana Mercedes tidak mengakhirinya dengan menduduki posisi teratas.

Tim Jerman itu memenangi 34 dari 40 balapan terakhir, dan memulai delapan balapan terakhir di posisi start terdepan. Rosberg, yang memimpin klasemen dengan keunggulan 17 angka dari Hamilton, menuju balapan Ahad (17/4) dengan bekal enam kemenangan beruntun.

Sementara itu, pebalap Britania itu bertekad melengkapi hattricknya dalam kemenangan-kemenangan Grand Prix China, bahkan meski pada posisi start tertinggi yang dapat dicapainya adalah posisi keenam.

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo mengakhiri hari dengan menghuni posisi kelima, pebalap Australia itu, yang menghuni posisi keempat pada pagi hari, terpaut 1,247 detik.

Pebalap Mclaren Fernando Alonso, yang dinyatakan oleh para dokter dapat mengikuti balap Minggu setelah tes medis putaran akhir menyusul sesi pagi, menduduki posisi ke-11.

Pebalap Spanyol itu, yang harus absen pada balapan terakhir di Bahrain karena cedera yang didapatnya pada kecelakaan bulan lalu di Australia, menyelesaikan total 42 putaran sepanjang hari. Sesi Jumat sore berlangsung tidak terlalu seru dibanding sesi pagi.

Sesi pembukaan selama 90 menit dihiasi oleh dua kali bendera merah berkibar, ketika pebalap Williams Felipe Massa dan Kevin Magnussen asal Renault keduanya mengalami kerusakan roda belakang kiri pada kecepatan tinggu, sambil melaju dengan menggunakan ban kompon lunak.

Menyusul investigasi, pemasok ban Pirelli mengonfirmasi tidak ada kerusakan terkait ban dengan masalah teknis terpisah dijadikan penyebab kerusakan tersebut. Pasangan Mercedes juga melaporkan masalah-masalah pada pagi hari.

Rosberg tersingkir pada akhir sesi karena masalah mesin, sedangkan Hamilton, yang mengalami masalah-masalah "lovking," dua kali terpelintir pada tikungan 11.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement