Rabu 25 Jan 2017 10:42 WIB

Persaingan MotoGP Kian Kompetitif

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Paolo Ciabatti
Foto: Youtube
Paolo Ciabatti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen pada ajang balap MotoGP bertambah menjadi enam pabrikan, yaitu Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, KTM, dan Aprilia. Direktur Olah Raga Ducati Corse Paolo Ciabatti mengatakan, persaingan membuat bisnis pabrikan MotoGP semakin kompetitif.

"Ducati dalam posisi istimewa karena kami lebih dari sekadar tim, yaitu produsen. Kami dan mitra sama-sama bersemangat," kata Ciabatti, dilansir dari Speedweek, Rabu (25/1).

Kehadiran produsen tambahan di MotoGP, kata Ciabatti, memberikan nilai tambah dalam ajang balapan kelas utama ini. Jumlah penonton MotoGP juga semakin banyak, di sirkuit dan televisi.

Ducati membagi kerja antara General Manager Gigi Dall'Igna, Direktur Olah Raga Paolo Ciabatti, dan Manajer Tim Davide Tardozzi. Ciabatti mengatakan, the Reds tak memiliki banyak SDM, namun tanggung jawab dibagi merata.

"Gigi misalnya, dia mengontrol segala sesuatu yang berhubungan dengan balapan. Kami semua saling percaya dan saling mendukung," katanya.

Tim Ducati juga rutin menggelar pertemuan untuk berbagi informasi satu sama lain. Ciabatti mengungkapkan, pabrikan juga tak memandang sebelah mata divisi publikasi, sponsor, komunikasi, dan pemasaran.

Tardozzi adalah mantan pembalap, sehingga sangat tepat diposisikan sebagai manajer tim. Ciabatti menilai Tardozzi memiliki banyak pengetahuan teknis, gaya mengemudi pembalap, dan titik-titik pengereman.

"Dia sangat ahli dan dapat membantu tim. Saya tidak bisa, jadi saya percayakan padanya. Dia bisa memberi saran untuk tim," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement