Rabu 01 Mar 2017 11:22 WIB
Tes Pramusim F1 2017

Raikkonen dan Hamilton Bergantian Tercepat di Barcelona

Kimi Raikkonen
Foto: AP
Kimi Raikkonen

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen menjadi yang tercepat pada tes pramusim F1 di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Selasa (28/1). Pembalap asal Finlandia itu lebih cepat 0,023 detik dari pembalap Mercedes, Lewis Hamilton yang melahap lebih banyak putaran sirkuit yang biasa digunakan untuk GP Spanyol itu.

Pada tes pertama pagi hari, Raikkonen sebenarnya hanya tercepat kedua, namun dia menggunakan ban medium yang lebih lambat ketimbang Hamilton yang menggunakan ban supersoft. The Iceman baru membuktikan kecepatan Ferrari yang sebenarnya pada tes kedua siang hari saat ia menggunakan ban soft. Saat Raikkonen menghabiskan 108 putaran pada akhir tes kemarin, Hamilton mengakhiri tes dengan total 168 putaran.

Dengan perubahan radikal pada fisik mobil F1 tahun ini, tes ketahanan menjadi fokus utama tim ketimbang kecepatan. Pada tes sehari sebelumnya, pembalap Ferrari lainnya, Sebastian Vettel membuktikan ketahanan tim Kuda Jingkrak setelah melahap 128 putaran sirkuit tanpa melalui masalah teknis.

Pada tes pramusim kali ini, waktu terbaik yang dicatatkan Raikkonen adalah 1 menit 20,960 detik. Catatan waktu itu hampir dua detik lebih cepat dibandingkan waktu tes Raikkonen di Barcelona tahun lalu. Berbeda dengan Ferrari dan Mercedes, Red Bull dan McLaren yang mengalami masalah pada Senin, mengalami kemajuan pada tes Selasa.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen pada Selasa berhasil memutari sirkuit sebanyak 89 kali. Adapun, rookie Stoffel Vandoorne hanya berhasil menempuh 40 putaran dan menjadi kedua terlambat. Pembalap McLaren itu sempat berhenti pada putaran ke-29, dan Honda kemudian mengganti unit mesin mobil. “Saya pikir positif kembali di belakang kemudi setelah empat bulan tidak membalap,” kata Vandoorne.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement