Sabtu 17 Mar 2012 16:34 WIB

(Swis Terbuka) Tiga Wakil Indonesia Bertahan

Rep: Friska Yolandha/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BASEL -- Semifinal All England kembali terulang. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying pada perempat final turnamen Swis Terbuka GP Gold, Jumat (16/3) malam waktu setempat.Tontowi/Liliyana yang kemudian berhasil merebut tiket ke semifinal Swis Terbuka sempat dibuat kewalahan oleh pasangan negara tetangga tersebut.

Pada gim pertama Tontowi/Liliyana menang tipis, 21-19. Sejak awal gim dimulai Chan/Goh tidak dapat mencuri poin atas juara All England tersebut. Di awal gim Chan/Goh sempat menyamai kedudukan, 4-4. Namun setelah itu Tontowi/Liliyana selalu menjadi pemuncah hingga kedudukan kembali imbang 17-17. Di akhir gim pertama ganda Indonesia berhasil menutup pertandingan, 21-19.

Pada gim kedua Tontowi/Liliyana banyak melakukan kesalahan. Sempat memimpin 2-1, Tontowi/Liliyana dikejar sehingga kedudukan menjadi  9-9. Tontowi/Liliyana gagal menambah poin sehingga perbedaan skor menjadi 9-14. Sejak itu Tontowi/Liliyana kesulitan menambah angka sehingga Chan/Goh lebih dulu mencapai angka ke-21. Gim kedua berakhir dengan perbedaan tipis, 18-21.

"Kami banyak mati sendiri dan melakukan kesalahan yang tidak perlu," kata Liliyana usai pertandingan, Sabtu (17/3) WIB.

Permainan kembali sengit di gim penentuan. Tontowi/Liliyana sudah unggul jauh, 15-8 saat Malaysia menyusul. Chan/Goh bahkan berhasil memimpin skor 16-18. Namun Tontowi/Liliyana menyamakan kedudukan menjadi 20-20 dan kedudukan tetap imbang hingga 23-23 sebelum Tontowi/Liliyana berhasil lebih dulu mengakhiri pertandingan dengan 25-23.

Di pertandingan selanjutnya, Ganda Indonesia ini akan bertemu pasangan beda negara, Chris Adcock dari Inggris dan Imogen Bankier dari Skotlandia. Indonesia pernah bertemu dengan ganda campuran ini satu kali di Kejuaraan Dunia 2011 di London. Tontowi/Liliyana terhenti di semifinal oleh pasangan tersebut.

Terkait lawan berikutnya, Liliyana mengatakan ia optimistis bisa mengalahkan Adcock/Bankier. "Asal kami bisa mengurangi kesalahan sendiri dan fokus pada pertandingan," tuturnya.

Dua wakil Indonesia juga berhasil lolos ke semifinal. Pada pertandingan sebelumnya Taufik Hidayat berhasil ke semifinal setelah  menang atas tunggal putra Korea, Shon Wan Ho, 21-14, 10-21, dan 21-19.

Di semifinal Taufik akan bertemu unggulan keempat Swis Terbuka, yaitu pemain Cina, chen Jin. Secara skor pertemuan, keduanya telah bertemu lima kali. Tiga diantaranya dimenangkan oleh Chen. Namun pada pertandingan terakhir di babak kedua kejuaraan All England, Taufik berhasil mengalahkan pemain cina tersebut, 21-19 dan 21-19.

Kemenangan ini juga diikuti oleh ganda campuran Indonesia, Alvent Yulianto Chandra dan Hendra Gunawan. Atlet Indonesia ini lolos ke semifinal usai mengalahkan pasangan Malaysia, Goh V Shem dan Teo Kok Siang. Ganda Malaysia kalah tiga gim dalam waktu 38 menit saja. Skor akhir bagi Indonesia adalah 21-15, 12-21, dan 21-12.

Di semifinal Alvent/Hendra akan bertemu pasangan Jepang, Kawamae Naoki/Sato Shoji. Kawamae/Sato lolos ke semifinal usai mengalahkan pemain Taipei, Chen Hung Ling/Lin Yu Lang, 21-7 dan 21-13.  fris

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement