Selasa 23 Jul 2013 16:52 WIB

Para Pebulutangkis Terbaik Indonesia Absen di SEA Games

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Fernan Rahadi
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tantowi Ahmad dan Lilyana Natsir saat berlaga dalam penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena, Surabaya, Jatim, Jumat (29/3).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tantowi Ahmad dan Lilyana Natsir saat berlaga dalam penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena, Surabaya, Jatim, Jumat (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pasangan ganda campuran pemenang All England 2013 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan absen dalam SEA Games XVII di Myanmar Desember mendatang. Ganda campuran terbaik Indonesia itu harus mengikuti turnamen BWF Superseries Final 2013 yang waktunya bersamaan dengan ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, Tommy Sugiarto yang kini berada di rangking dua daftar peringkat superseries juga kemungkinan besar absen di SEA Games dan akan bergabung dengan Tontowi/Liliyana bertanding di BWF Superseries Finals pada 11-15 Desember 2013.

Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga absen di SEA Games. Dengan absennya para pemain tersebut, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) merombak komposisi pemain untuk tim SEA Games.

“Sebagai gantinya Riky Widianto/Richi Puspita Dili akan masuk tim SEA Games bersama dengan Muhammad Rijal/Debby Susanto,” kata Manajer Tim SEA Games Indonesia, Ricky Soebagdja, dilansir dalam situs PBSI, Selasa (23/7).

Posisi Hendra/Ahsan akan digantikan dengan pasangan ganda putra baru, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan. Sedangkan tunggal putra akan menurunkan Dionysius Hayom Rumbaka dan Wisnu Yuli Prasetyo, tunggal putri menyiapkan Linda Wenifanetri dan Bellaetrix Manuputty.

Sedangkan ganda putri menurunkan Greysia Polii/Nitya Khrishinda Maheswari dan Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani Imawan. Pasangan ganda putra Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto juga akan memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2013.

Indonesia menargetkan perolehan medali tiga emas dan mempertahankan gelar sebagai juara umum. Melihat peta persaingan bulutangkis di Asia Tenggara, Indonesia termasuk salah satu negara unggulan, namun para pemain juga harus tetap menjaga fokus dan tidak boleh lengah dengan lawan-lawan dari negara lain.

Malaysia dan Thailand disebut sebagai negara pesaing yang patut diwaspadai. Seluruh pemain yang tergabung dalam tim inti SEA Games akan mulai fokus untuk latihan setelah mereka pulang dari Kejuaraan Dunia 2013 di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement