Selasa 17 Jun 2014 10:11 WIB

Keseharian Atlet Bulu Tangkis Jepang Ternyata Juga Sambil Bekerja

Red: Bilal Ramadhan
Para pemain bulutangkis Jepang ternyata juga sambil bekerja dalam keseharian hidupnya
Para pemain bulutangkis Jepang ternyata juga sambil bekerja dalam keseharian hidupnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jepang mungkin saja bisa disebut sebagai negara dengan perkembangan di dunia bulutangkis paling pesat di antara negara-negara lainnya saat ini. Di saat performa atlet putra Cina sedang menurun dan atlet putri Indonesia sedang 'mati suri', kekuatan Jepang meningkat di saat yang tepat.

Hal ini terlihat dari final Thomas dan Uber Cup 2014 di India beberapa waktu lalu. Baik tim Thomas dan tim Uber Jepang lolos ke babak final. Jepang hampir saja meraih dua piala itu secara bersamaan seperti yang dilakukan Cina dan Indonesia sebelumnya. Namun tim Uber Jepang masih harus mengakui ketangguhan para pemain putri dari Cina.

Sedangkan tim Thomas Jepang, bermain ulet dan tanpa beban. Akhirnya bisa mengalahkan Malaysia di babak final dengan skor ketat 3-2. Jepang pun meraih piala Thomas untuk pertama kalinya dalam sejarah bulutangkis. Jepang juga menorehkan sebagai negara keempat setelah Indonesia, Malaysia dan Cina yang pernah meraih piala tersebut.

Namun di balik kisah sukses para pemain Jepang, ternyata ada kisah keuletan lagi di dalamnya. Selain ada yang sedang mengenyam pendidikan tinggi, para pemain Jepang ternyata juga sambil bekerja dalam kesehariannya.