Senin 27 Oct 2014 06:50 WIB

Tontowi/Liliyana Juara Prancis Terbuka

Red: Israr Itah
Tontowi dan Liliyana saat menerima trofi juara Prancis Terbuka, Ahad (26/10).
Foto: PBSI
Tontowi dan Liliyana saat menerima trofi juara Prancis Terbuka, Ahad (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Indonesia meraih satu gelar juara dari ajang Prancis Terbuka Super Series 2014 lewat pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Tontowi/Liliyana berhasil memenuhi target juara pada turnamen berhadiah total 275 ribu dolar AS ini usai menumbangkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris), dengan dua game langsung, 21-9 dan 21-16 di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Ahad (26/10).

Penampilan Tontowi/Liliyana memang sungguh luar biasa di laga final ini. Keduanya benar-benar tak dapat dibendung sejak game pertama. Unggul jauh 8-0, Tontowi/Liliyana terus memimpin perolehan skor hingga 11-2 di interval game pertama. Permainan apik ditampilkan pasangan peraih medali perak Asian Games 2014 ini hingga membuat Duo Adcock tak berkutik dan kalah telak di game pertama.

Keadaan sempat berubah di awal game kedua dimana pertarungan kedua pasangan berlangsung lebih sengit. Untuk pertama kalinya Tontowi/Liliyana tertinggal dalam perolehan angka di kedudukan 4-7. Namun lagi-lagi keduanya membuktikan kelas mereka dan tetap tenang, usaha ini pun berhasil, Tontowi/Liliyana sukses menyalip perolehan skor lawan menjadi 8-7 dan terus unggul.

“Kalau dibilang kemenangan ini mudah sekali juga tidak, tapi kami dari awal start-nya memang sudah in sekali. Kami fokus, satu poin saja sayang untuk dibuang. Walaupun sudah jauh, saya ingatkan Tontowi untuk jangan kendor dan jangan membiarkan lawan keenakan, jadi kami push terus,” ujar Liliyana dalam rilis yang diterima ROL, Senin (27/10).

Tontowi menambahkan, penampilan Chris/Gabrielle sudah mulai berkembang di game kedua. Menurut dia, pertandingan ini menjadi pembelajaran agar tetap tenang dan tidak terburu-buru walau tertinggal. Fokus satu demi satu poin akhirnya kami bisa mengejar dan mengimbangi permainan,” jelas Tontowi yang tahun ini sudah menjuarai turnamen All England 2014 dan Singapura Terbuka Super Series 2014.

Tontowi/Liliyana merupakan satu-satunya wakil Indonesia di partai puncak. Sebelumnya Tommy Sugiarto dan pasangan ganda putra Hendra Aprida Gunawan/Andrei Adistia terhenti pada babak semifinal.

Cina menjadi peraih gelar terbanyak dengan dua gelar dari dua nomor all Chinese final di ganda putri dan tunggal putri. Sementara gelar tunggal putra dimenangkan Chou Tien Chen dari Taiwan. Denmark merebut satu gelar dari ganda putra.

Hasil final Prancis Terbuka Super Series 2014

Ganda Putri

Wang Xiaoli/Yu Yang (7/CHN) vs Ma Jin/Tang Yuanting (5/CHN) 21-15, 21-9

Tunggal Putra

Chou Tien Chen (TPE) vs Wang Zhengming (5/CHN) 10-21, 25-23, 21-19

Tunggal Putri

Wang Shixian (2/CHN) vs Li Xuerui (1/CHN) 21-15, 8-3 retired

Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Liliana Natsir (3/INA) vs Chris Adcock/Gabrielle Adcock (4/ENG) 21-9, 21-16

Ganda Putra

Mathias Boe/Carsten Mogensen (1/DEN) vs Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (2/JPN) 18-21, 21-9, 21-7

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement