Kamis 23 Apr 2015 15:44 WIB

Pelatih Owi/Butet Simpan Strategi Khusus Lawan Zhang Nan

Red: Bilal Ramadhan
Richard Mainaky
Foto: antarafoto
Richard Mainaky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dalam tiga turnamen di awal tahun ini, pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Owi/Butet) menderita kekalahan dari pasangan peringkat satu dunia dari Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tiga turnamen tersebut adalah di All England, Malaysia Open dan Singapore Open.

Di ajang Sudirman Cup 2015 atau Piala Sudirman 2015 ini, kedua pasangan diperkirakan akan kembali bertemu jika Indonesia bertemu dengan Cina. Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky mengaku telah memiliki strategi untuk meredam pasangan Cina tersebut.

"Strategi ini kita sudah coba di Malaysia dan Singapura, hampir manjur, itu kita simpan. Tidak di setiap pertandingan dipakai, khususnya saat melawan Zhang Nan saja," kata Richard dalam jumpa pers di kantor PP PBSI, Jakarta, Kamis (23/4).

Richard melihat ada perubahan cara permainan Zhang Nan dalam satu tahun terakhir. Seperti diketahui Zhang Nan dan Zhao Yunlei selain partner di lapangan juga merupakan sepasang kekasih. Jadi sebelumnya, jika dalam keadaan tertekan, Zhang Yunlei kerap kesal saat Zhang Nan melakukan kesalahan di lapangan.