Ahad 17 Jul 2011 19:49 WIB

Panitia Sea Games Targetkan Rp 100 M dari Jualan Pernak Pernik

Seorang pria berjalan di depan gambar maskot SEA Games 2011.
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Seorang pria berjalan di depan gambar maskot SEA Games 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Panitia Nasional Pesta Olahraga Asia Tenggara (INASOC) menargetkan penjualan merchandise resmi SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang mencapai Rp100 miliar.

Ketua Harian INASOC, Rahmad Gobel, di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa, target itu khusus untuk penjualan merchandise resmi. Jika di luar itu, menurut dia, maka kemungkinan besar hasilnya jauh lebih besar, yaitu mencapai sekira Rp500 miliar.

"Ribuan orang akan datang ke Indonesia. Mereka pasti membutuhkan merchandise untuk dibawa pulang," katanya di sela-sela pemeran peserta kompetisi desain merchandise SEA Games 2011 di Plaza Senayan Jakarta.

Menurut dia, dalam 10 hari pelaksanaan SEA Games XXVI, maka transaksi utamanya adalah merchandise sehingga masyarakat di Jakarta dan Palembang harus terlibat penuh.

INASOC di Plaza Senayan Jakarta memerkan beberapa contoh merchandise, antara lain kaos, tas, dan maskot SEA Games 2011 berupa Modo dan Modi, yang menggambarkan pasangan komodo. Merchandise itu diharapkan dipilih oleh masyarakat sehingga akan diperbanyak.

Ketua Pelaksana Nasional INASOC, Rita Subowo, mengatakan bahwa ada empat pilar yang harus disukseskan pada olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, yaitu sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan meninggalkan kenangan warisan (legacy).

SEA Games 2011 diikuti 11 negara. Ada 43 cabang olahraga yang dipertandingkan masing-masing 22 cabang di Jakarta dan 22 cabang di Palembang. Satu cabang yaitu sepak bola dilaksanakan didua tempat.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement